Personil Lanudal Biak ikuti Latihan Penanggulangan Wabah Covid19

KBRN,Biak:Latihan Penanggulangan Wabah Covid-19 Lanudal Biak T.A 2020 dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam menangani dampak dari Covid 19 di wilayah kerja Lanudal Biak dibuka oleh Komandan Lanudal Biak Letkol Laut (T) Moeis syaifudin,S.T,M.M bertempat di Mako Lanudal Biak Jl. Raya BMJ Sorido Biak Numfor Papua,Rabu (5/5/2020)

Komandan Lanudal Biak Letkol Laut (T) Moeis syaifudin,S.T,M.M menyebutkan berdasarkan Telegram Kasal No 343/SOPS/0320 TWU.0320.1900 tentang perintah melaksanakan Latihan Penanggulangan Menghadapi Covid-19 TA 2020 di wilayahnya dan Telegram Danpuspenerbal No 275/NERBAL/0420 TWU.0415.0820 tentang penyelenggaraan Latihan Penanggulangan Dampak Covid-19 TA 2020. Dalam pembukaan Latihan Penanggulangan Dampak Covid-19 TA 2020.

"Berdasarkan telegram Kasal dan Danpuspenerbal tentang perintah melaksanakan Latihan Penanggulangan Menghadapi Covid-19 TA 2020 maka kesempatan kali ini kita  melaksanakan kegiatan yang berlangsung selama 3 hari dari teori serta teknis latihan dengan tujuan memberikan Sosialisasi Edukasi yang nyata bagi Personel Lanudal Biak khususnya,"ujar Komandan Lanudal Biak Letkol Laut (T) Moeis Syaifudin.,S.T, M.M.

"Ini dibuat dalam skenario latihan ini kita akan melihat secara langsung seandainya di tengah tengah kedinasan kita terjadi insiden dimana personel Lanudal Biak mengalami sakit yang dicurigai akibat dari Virus Covid 19 hingga sampai meninggal dunia. Personel Lanudal Biak harus paham bagaimana prosedur serta protap dalam menanggulangi pasien Covid 19"tuturnya.

Teori hari pertama yang disampaikan oleh Lettu Laut (K) dr. Basri Hadi (Ka BP Lanal Biak) tentang penjelasan cara pemakain APD (Alat Pelindung Diri). Alat pelindung diri atau lebih dikenal dengan APD sangat dibutuhkan tenaga medis terutama dalam menghadapi wabah virus corona saat ini. APD dirancang untuk jadi penghalang terhadap penetrasi zat partikel bebas, cair, atau udara dan melindungi penggunanya terhadap penyebaran infeksi. Pemakaian APD yang baik jadi penghalang terhadap infeksi yang dihasilkan oleh virus dan bakteri. 

Pada teori hari kedua  akan sampaikan tata cara penggunaan APD beserta urutannya , pertama pemakaian hand scoen biasa, Kedua pemakaian masker, Ketiga pemakaian baju, Keempat pemakaian baju pelindung berbahan spunbond, Kelima gunakan kacamata google, Keenam pemakaian penutup kepala, Ketujuh pemakaian pelindun wajah dan  Kedelapan pemakaian hand scoen tebal. Dan pada hari ke tiga akan di laksanakan simulasi praktek serta evaluasi kegiatan dengan skenario telah terjadi kondisi kritis personel yang terkena covid19 dan dilaksanakan evakuasi dengan protap penanganan Covid19.

Dalam pembukaan Latihan Penanggulangan Wabah Covid-19 Lanudal Biak hadir seluruh perwira staf dan personel Lanudal Biak, Undangan yang hadir Letkol Laut (E) Setio Hendarto (Paban Kom Guskamla Koarmada III), Mayor Laut (PM) Buang Kuswanto (Dandenpomal Lanal Biak), dan Tim Siaga Medis Rumkital dr. Ghandi A.T Lanal Biak :Lettu Laut (K) dr. Basri Hadi (Ka BP Lanal Bia), Lettu Laut (K) drg. Andrianus Sudarmono (Paur Polgi Rumkital dr. Ghandi A.T), Lettu Laut (K) Harun Pabendon, A.Mk (Paur Opslat Rumkital dr. Ghandi A.T Lanal Biak), Angeline Novianty Pitoy (Perawat Rumkit dr. Ghandi A.T Lanal Biak).

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00