Pandemi Corona,Kasus Pencurian Meningkat di Biak Numfor

KBRN,Biak: Aksi pencurian mendominasi kasus kriminal ditengah penanganan wabah virus corona di Kabupaten Biak Numfor,Papua. Selain kasus pencurian,kasus kekerasan, serta KDRT yang cukup tinggi terjadi sejak awal tahun 2020.

Menurut Kapolres Biak Numfor melalui Kasat reskrim Polres Biak Numfor Iptu Oscar Fajar Hadian, data Satreskrim Polres Biak Numfor sejak Januari hingga April 2020 tercatat  kasus kriminal terbanyak yaitu kasus pencurian di malam hari.

“Trend kasus di awal tahun 2020 di bulan Januari dominan adalah perkara penganiayaan,namun di bulan Februari hingga April didominasi perkara pencurian terutama di malam hari. Bulan Januari kasus pencurian sebanyak 10 kasus,bulan Februari 17 kasus,Maret 13 kasus dan April mencapai 19 kasus pencurian dan bulan April ini juga terjadi trend baru berupa kasus KDRT sebanyak 4 perkara,kemudian disusul kasus penganiayaan sebanyak 13 kasus sejak Janauri,”ujar Kasat Reskrim Iptu Ocar Fajar di Biak,Minggu (3/5/2020)

“Dari data kriminal tersebut khusus bulan April berjumlah 41 perkara dan jumlah itu  meningkat sekitar 15 persen dibanding bulan sebelumnya berjumlah 34 perkara,”tuturnya.

Sementara total laporan Polisi yang diterima sejak Januari hingga April 2020 berjumlah 178 LP dan 81 perkara diantaranya telah diselesaikan atau diproses sedangkan untuk tersangka yang telah menjalani proses penyidikan perkara khususnya perkara pencurian sebanyak 24 tersangka yang prosesnya telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Biak maupun yang masih dalam penyidikan Polres Biak Numfor.

Selanjutnya warga diimbau tetap waspada dan menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing,dengan mengaktifkan kembali siskamling serta di kondisi saat ini turut mendukung anjuran pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19

"Mari jaga lingkungan bersama,tetap waspada dan turut membantu pihak keamanan dalam menjaga kamtibmas di tengah pandemi virus corona saat ini,"pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00