DPRD Kabupaten Supiori Gelar Rapat Paripurna Pembahasan LKPJ Bupati 2021

DPRD Supiori Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Supiori Tahun 2021
DPRD Supiori Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2021

KBRN, Biak. Bupati kabupaten  Supiori Drs. Yan Imbab mengikuti Rapat Paripurna Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ)  Bupati Supiori tahun anggaran 2021, di gedung DPRD Supiori pada senin, (8/8/2022)

Kegiatan Rapat Paripurna tersebut di buka oleh Wakil Ketua I DPRD kabupaten Supiori,  Saptawati Trikora Dewi.   dalam sambutannya ,  Saptawati Trikora Dewi menjelaskan tentang pelaksanaan pembukaan Rapat Paripurna Masa Sidang kedua Tahun 2022 membahas materi Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban ,  bupati Supiori Tahun Anggaran 2021.  LKPJ Tahun Anggaran 2021 telah sesuai dengan Visi kabupaten Supiori,  yaitu mewujudkan masyarakat sejahtera, maju, adil, bermartabat dan unggul dalam sektor kelautan, perikanan dan pariwisata.

“Kepada Bupati Supiori,  untuk mengarahkan kepada para OPD di lingkungan pemkab Supiori, untuk aktif bersama - sama mengikuti rapat komisi DPRD dalam membahas dan menyempurnakan LKPJ bupati Tahun Anggaran 2021, sehingga materi LKPJ akan menjadi tanggung jawab kita  bersama dalam menjelaskan ke pemerintah pusat dan provinsi, terlebih kepada masyarakat kabupaten.Supiori,  tentang arah kebijakan pembangunan Daerah” kata Wakil Ketua I DPRD Supiori  Saptawati Trikora Dewai.

 Semenatara itu, Bupati Supiori Drs. Yan Imbab Dalam Pidatonya,menitik beratkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban pelaksanaan kebijakan anggaran untuk program pembangunan pada tahun sebelumnya.  Titik berat Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) terarah pada pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah,(APBD)  khususnya Laporan Realisasi Keuangan Daerah.

“Kebijakan program tersebut tertuang dalam bentuk Program Kebijakan Umum Anggaran Yang dialokasikan dalam anggaran DAU, anggaran DAK dan anggaran OTSUS, serta anggaran lain yang sah.”

“Selain itu, alokasi anggaran ini juga  kami tuangkan dalam belanja operasi, belanja modal, dan Belanja tak terduga. Sedangkan belanja operasi kami  arahkan untuk belanja pegawai, belanja barang jasa, belanja hibah, dan belanja bantuan sosial , sedangkan belanja modal diarahkan kepada program infrastruktur yaitu belanja tanah, gedung dan bangunan, peralatan mesin, irigasi dan jaringan, jalan dan jembatan, serta belanja modal aset tetap lainnya.”jelasnya.

Bupati juga menyampaikan gambaran umum APBD tahun anggaran 2021 yakni , Pendapatan dengan  total realisasi pendapatan APBD tahun anggaran 2021 sebesar Rp. 627.370.137.052 .Sedangkan  untuk belanja , total realisasi belanja tahun anggaran 2021 sebesar Rp. 646.606.479.183, sehingga dalam perhitungan selisih belanja terhadap pendapatan terjadi devisit sebesar Rp. 19.236.341.790

Pembiayaan Netto,  Total pembiayaan netto sebesar Rp. 49.369.585.046, 38 dengan penerimaan pembiayaan sebesar Rp. 49.369.585.046,38 dan pengeluaran pembiayaan sebesar Rp. 0

- SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran) tahun anggaran 2021 sebesar Rp. 30.133.243.255

“Jadi Realisasi APBD tahun anggaran 2021 ini telah terimplementasi dalam bentuk program kinerja pemerintah dan telah dilaksanakan dilapangan untuk kepentingan pelayanan masyarakat sehingga diharapkan apa yang telah dilakukan pemerintah dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Tak lupa bupati juga menyampaikan pada tanggal 25 juli yang lalu, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2021 mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK-RI.

“Saya  berharap, dengan Opini WTP tersebut, Pengendalian terhadap Tata Kelola Keuangan harus lebih maksimal lagi, tuturnya.” Ungkapnya.

Kegiatan diakhiri dengan Penyerahan Laporan LKPJ Tahun Anggaran 2021 Oleh bupati Supiori Drs. Yan Imbab kepada DPRD Kabupaten  Supiori, diterima oleh Wakil Ketua I DPRD  Supiori Saptawati Trikora Dewi yang di saksikan oleh Wakil Ketua II, bersama para anggota DPRD Supiori, Forkopimda, Asisten III, Staff Ahli Para Kepala OPD, dan Pejabat lainnya di Lingkungan Pemda Kab.upaten Supiori.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar