Kesadaran tertib berlalulintas masyarakat di Kabupaten Biak Numfor masih rendah

Operasi Patuh Cartenz 2022 Polres Biak Numfor

KBRN, Biak. Operasi Patuh Cartens 2022 telah berkhir Minggu (26/6/2022) di wilayah hukum Polres kabupaten Biak Numfor Papua dan   tercatat sebanyak 211  pengendara melanggar aturan lalu lintas .

Kasat lantas Polres Biak Numfor, Iptu Ulfa Rusiana, S.Tr.K. menyebutkan  bahwa pelanggaran terbanyak yaitu  pengendara yang tidak menggunakan helm pengaman, dan juga pelanggaran lainnya.

Kesadaran masyarakat kabupaten Biak Numfor,  yang dinilai masih rendah dalam mematuhi aturan berlalu lintas, dan belum menyadari pentingnya  tetap menjaga keselamatan pada saat berkendaraan, sehingg mengakibatkan kerap terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Pelaksana Operasi Patuh Cartenz 2022 dengan total pelanggaran yang kami dapatkan secara keseluruhan yaitu2 211 kasus terdiri dari  pelanggaran tilang sebanyak 128 kasus, teguran sebanyak 83 kasus diantaranya tidak menggunakan helm 67 kasus, tidak memilki kelengkapan surat-surat 59 kasus , tidak memasang Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau Nomor Polisi  atau nopol 7 kasus, knalpot racing atau brong 12 kasus dan tidak menyalahkan lampu di siang hari sebanyak 66 kasus,” ungkap Kasatlantas Polres Biak Biak Numfor  Iptu Ulfa Rusdiana , Rabu, (29/6/2022).

Ia mengakui kesadaran masyarakat di kabupaten Biak Numfor dinilai masih sangat rendah dalam mematuhi aturan berlalulintas dan belum menyadari pentingnya menjaga keselamatan saat berkendara , sehingga  menyebabkan kerap terjadinya  kecelakaan lalulintas .

“Kami  dari Satlantas Polres Biak Numfor menghimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu, untuk selalu mematuhi aturan lalulintas , tetap menggunakan helem dan sabut pengaman, dan tetap patuhi protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker,  dan yang paling penting jagan berkendara  dalam keadaan dipengaruhi minuman beralkohol  , karena dapat berakibat fatal serta untuk keselamatan kita bersama,"tuturnya.

Sebelumnya, pelaksanan Operasi Patuh Cartenz 2022, serentak dimuali pada, Selasa, (14/6/2022), dengan sejumlah sasaran diantarnya memutus penyebaran Corona Virus Disease-19 (COVID-19), berkurangnya jumlah dan pelanggaran lalu lintas, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan terciptanya Kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar