Kasrem 173/PVB Pimpin Upacara Hari Pahlawan di Biak

Kasrem 173/PVB Kolonel Inf Sudaryanto, S.E.,mewakili Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro,pimpin upcara Hari Pahlawan 10 Nopember (Dok: Penrem)
Korem 173/PVB Peringati Hari Pahlawan 10 Nopember (Dok: Penrem)

KBRN,Biak: Kasrem 173/PVB Kolonel Inf Sudaryanto, S.E.,mewakili Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara peringatan hari pahlawan tahun 2021, bertempat di lapangan upacara Kompi C Yonif RK 753/AVT, Rabu (10/11/2021).

Dalam amanat Menteri Sosial RI yang dibacakan Kasrem 173/PVB disampaikan bahwa negeri ini mengalami penjajahan yang panjang dan menyakitkan, berkali-kali pemberontakan lokal dikobarkan terhadap penjajah dalam kurun waktu 350 tahun, namun selalu mengalami kegagalan. Ratusan tahun kita terpecah-pecah karena politik devide et impera atau politik adu domba.

Lebih lanjut dalam amanat disampaikan bahwa  kita berbeda-beda tetapi jangan sampai kita terpecah-pecah oleh perbedaan SARA karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda tahun 1928, kita harus terus menggelorakan semangat gotong royong serta persatuan dan kesatuan Indonesia, perbedaan justru semakin memperkaya dan memperkuat kita untuk tetap bersatu, seperti seloka kita Bhineka Tunggal Ika berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

"Pertempuran 10 November di Surabaya yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan ini harus kita contoh, dengan satu tekad, gigih berjuang dan pantang menyerah tanpa mengenal perbedaan apapun serta tidak pernah peduli akan keterbatasan atau halangan,"ucap Kasrem dalam amanat Menteri Sosial yang dibacakannya.

"Semangat , tekad dan keyakinan pahlawan, harus dapat menginspirasi  dan menggerakan kita semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas, seperti tema Hari Pahlawan tahun 2021 Pahlawanku Inspirasiku," ujar Kasrem.

"Melalui peringatan Hari Pahlawan tahun 2021, marilah kita bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan serta profesi masing- masing,"tegas Kolonel Sudaryanto dalam amanat Menteri  Sosial yang dibacakannya.

Upacara dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19 .

Ikut pada kegiatan upacara,  para Kasi Korem 173/PVB, Dan/Ka Balakaju Kodam XVII/Cen, Dandim 1708/BN dan Perwira , Bintara/Tamtama serta PNS Korem 173/PVB .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar