Pangkopsau III Tinjau Rencana Pembangunan Pembentukan Lanud Saumlaki .

KBRN,Biak - Pangkoopsau III Marsekal Muda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han) melakukan peninjauan sarana dan prasarana dalam rangka kesiapan pembentukan Lanud Saumlaki. Selasa, (9/11 2021).

Selain Kepala Staf (Kas) Koopsau III Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M.Tr.(Han), turut mendampingi para pejabat Koopsau III setingkat Asisten.

Rombongan kuker Pangkoopsau III bertolak hari ini menggunakan pesawat TNI AU Boing 737 dari Lanud Manuhua Biak menuju Lanud D. Dumatubun.  Dari Lanud Dumatubun rombongan terbang dengan pesawat CN-235 menuju Saumlaki Kepulauan Tanimbar Provinsi Maluku.

Turut menyambut Kedatangan Pangkoopsau III antara lain, Dansatrad 245 SMK, Letkol Lek Fusi Arizona, Danlanal Saumlaki, Letkol Laut Ridwan Rizky Musa,.S.E,.M.tr.opsla, Kapolres Kep.Tanimbar, AKBP Romi Agus Riansyah S.I.K, Kasdim Kodim 1507 Mayor Inf M.Bahri, Kadisops Satrad 245 SMK Mayor Lek Mikael Mangudu Malau dan beberapa Perwira Satrad 245 SMK dalam suasana hangat dan tetap mengikuti prokes.

Rencana pembangunan Pangkalan Udara Saumlaki merupakan implementasi dari Renstra dalam rangka menindaklanjuti komitmen pembangunan pertahanan di wilayah timur Indonesia. Keberadaan Lanud Saumlaki di bawah Kendali Koopsau III sangat strategis untuk pertahanan negara, karena dilihat dari segi geografis. Selain itu apabila  dihadapkan dengan kondisi sekarang bahwa wilayah ini berdekatan dengan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) III yang harus di amankan, karena itu kawasan ini merupakan alur bebas baik dari segi laut maupun udara sehingga rawan akan terjadinya tindak pelanggaran. Saat ini TNI Angkatan Udara sudah menggelar Satuan radar 245 Saumlaki sebagai alat pertahanan udara.

Sementara itu dari peninjauan lapangan saat ini telah berdiri beberapa bangunan seperti Markas Lanud, perkantoran, perumahan dan faslitas penunjang lainya. Dangan rencana berdirinya Lanud Saumlaki dan Satuan radar yang telah tergelar menjadikan  kawasan ini menjadi kuat sebagai alat pertahanan negara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar