PT.PLN Siap Amankan Suplai Listrik selama Peparnas XVI Papua .

KBRN,Biak - Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI resmi dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Jumat, 5 November 2021 di Stadion Mandala, Jayapura. Setelah sebelumnya berhasil mengamankan pasokan listrik saat PON XX, PLN sebagai penyedia listrik siap menyukseskan penyelenggaraan Peparnas XVI pada 2-15 November 2021 di Kota dan Kabupaten Jayapura ,  Selasa (9/10 2021 )

Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin optimis Peparnas XVI dapat berjalan dengan sukses seperti PON XX. "PON XX yang lalu sukses luar biasa. Saya yakin, Peparnas ini akan sukses kembali karena masyarakat Papua adalah masyarakat pencinta olahraga dan tuan rumah yang hangat. Sukses ini sekali lagi akan dicatat dalam sejarah yang akan selalu dikenang dalam hati seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Suksesnya Peparnas nanti tidak lepas dari dukungan suplai listrik yang andal oleh PLN. Dalam gelaran olahraga nasional ini, PLN akan melistriki 12 venue pertandingan dan Stadion Utama Mandala dengan kebutuhan daya total 8,61 MVA.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan seluruh infrastruktur kelistrikan untuk Peparnas XVI. "Infrastruktur kelistrikan dari sisi PLN telah siap. Kami akan berupaya maksimal mengamankan suplai listrik untuk Peparnas ini," ujarnya.

Farid menambahkan, guna memastikan kebutuhan listrik venue cukup, PLN juga terus melakukan komunikasi dengan Panitia Besar (PB) Peparnas XVI. "Koordinasi intens kami lakukan dari jauh-jauh hari dengan panitia penyelenggara. Puji syukur selama ini koordinasi berjalan dengan lancar," tambahnya.

Di sisi ketercukupan daya, daya mampu pembangkit Sistem Jayapura saat ini mencapai 125 MW. Dengan beban puncak berkisar 92 MW, PLN masih memiliki surplus daya yang cukup sebesar 33 MW.

Sementara itu, selain menyiapkan sistem kelistrikan yang andal, PLN juga telah menyiagakan 28 peralatan pendukung dan 255 personel untuk mengamankan kelistrikan saat Peparnas berlangsung. "Sebagai langkah antisipasi, kami juga telah menyiapkan 15 genset kapasitas 1 MW, 500 kW, 200 kW dan 100 kW serta 13 Uninterruptible Power Supply (UPS) kapasitas 250 kVA, 100 kVA dan 30 kVA. Para personel dan peralatan pendukung tersebut telah kami tempatkan di lokasi-lokasi pertandingan," ujar Farid.

Peparnas XVI Papua sendiri akan mempertandingkan 12 cabang olahraga yang dilaksanakan di 12 venue di Kota dan Kabupaten Jayapura. Keduabelas cabang olahraga tersebut adalah catur, boccia, renang, panahan, atletik, menembak, sepak bola cp, judo tunanetra, bulu tangkis, angkat berat, tenis kursi roda dan tenis meja.

Seperti sambutan Wapres Ma'ruf Amin dalam Opening Ceremony kemarin, Peparnas bukanlah sekadar kompetisi olahraga, namun merupakan pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan bagi kita semua. Maka dari itu, PLN sebagai salah satu perwakilan dari Pemerintah berkomitmen untuk menyukseskan Peparnas XVI seperti PON XX.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar