Pangkoopsau III dan Kas Koopsau III Hadiri Pembukaan PEPARNAS XVI Papua Tahun 2021 oleh Wakil Presiden RI .

 

(Penkoopsau III, Biak). Pangkoopsau III Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M. Tr (Han) dan Kepala Staf (Kas) Koopsau III Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M. Tr (Han) turut menghadiri pembukaan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) ke XVI yang berlangsung di stadion Mandala Distrik Jayapura. (Jumat, 5/11 2021).

Peparnas XVI tahun 2021 dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H Ma'ruf Amin pada hari Jumat, tanggal 5 November 2021 mulai pukul 19.00 WIT bertempat di Stadion Mandala Distrik Jayapura Utara, Kota yang diikuti sekitar 1.000 orang penonton.

Tampak hadir pejabat negara yang mendampingi Wakil Presiden RI anatara lain : Ibu Wakil Presiden RI Hj. Wury Ma’ruf Amin, Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si., Menko PMK RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Deputi III BIN Mayjen TNI Sony Aprianto, Kabiro Pengamanan Wakil Presiden  Marsma TNI Yostariza, Wadan Paspampres Marsma TNI Wahyu Hidayat, serta ikut juga putri Wakil Presiden Natasya Nisaul dan Najla Hanifa.  

Sementara pejabat daerah  yang hadir antara lain: Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe, S.IP., MH. beserta istri, Pangkoopsau III Marsda TNI Syamsul Rizal, S.IP., M.Tr (Han), Wakil Gubernur NTT Drs. Josef Alexander Nae Soi, MM, Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, M.M, Ketua DPR Provinsi Papua Bapak Jhony Banua Rouw, S.E, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, MA., Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K.,  Kabinda Papua Mayjen TNI Abdul Haris Napoleon, Kaskoopsau III Marsma TNI Ronald Lucas Siregar, S.T., M.M., M.Tr.(Han), Danlantamal X Jayapura Brigjen Mar Feryyanto Pardamean Simarpaung, M.Tr.,Opsla dan Komandan Lanud Silas Papare Marsma TNI Dr. Budhi Achmadi serta para oejabat daerah dari masing-masing kontingen.

Rangkaian kegiatan pembukaan diawali dengan sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang berlangsung secara virtual. Presiden RI mengatakan rencananya akan datang ke Papua untuk membuka PEPARNAS XVI Papua Tahun 2021, namun tidak bisa hadir karena menjalani karantina setelah menghadiri KTT di Belanda.

"Saat ini memang saya tidak bisa hadir di Papua untuk membuka PEPARNAS XVI, namun saya akan hadir untuk menutup PEPARNAS XVI Papua Tahun 2021, saya ucapkan terimakasih kepada bapak Wakil Presiden RI yang telah hadir untuk membuka PEPARNAS XVI Papua Tahun 2021 dan saya yakin bahwa PEPARNAS XVI di Papua akan sukses", tegas Presiden RI.

Gubernur Provinsi Papua sekaligus sebagai Ketua PB Peparnas XVI Tahun 2021 Bapak Lukas Enembe, S.IP., MH, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlit Peparnas yang telah berhasil meraih kesuksesan di Tokyo, dan saya percaya bahwa Peparnas XVI Tahun di Papua akan memberikan ladang baru untuk para atlit difabel dalam menunjukkan bakatnya, Peparnas XVI ini merupakan panggung kesamaan untuk para atlit difabel dalam meraih kemenangan dan mengharumkan nama baik daerahnya dan nama baik bangsa Indonesia.

"Saya mengucapkan selamat bertanding untuk para atlit dari masing-masing kontingen. Gorang Bisa-Barang Apa Jadi", ujar Lukas Enembe.

Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. (H.C.) K.H Ma'ruf Amin dslam sambutannya mengatakan tiga minggu yang lalu saya hadir di Papua untuk menutup PON XX Papua, saat itu saya tersentuh dan terharu karena masyarakat berbondong-bondong untuk ikut menyaksikan dan dengan raut wajah yang berbahagia.

"Hari ini saya datang kembali, torang baku dapat lagi untuk membuka Peparnas XVI Papua Tahun 2021, Peparnas adalah ajang yang sangat istimewa, Peparnas bukan sekedar kompetisi olahraga tetapi ini merupakan ajang kesetaraan dan kebersamaan sesama anak bangsa, sesuai dengan semboyan kita "Sehati Mencapai Tujuan Ciptakan Prestasi", tegas Wakil Presdien RI.

Pekan Paralympic Nasional (PEPARNAS) XVI Papua Tahun 2021  mengambil tema "Cahaya Kemenangan Dari Timur Papua".  

Peparnas kali ini diikuti oleh 2.725 orang atlit dan official serta mempertandingkan 12 cabang olah raga di Kabupaten dan Kota Jayapura diantaranya angkat berat, atletik, boccia, bulutangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CP, tenis lapangan kursi roda dan tenis meja.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar