Terapkan Protokol Kesehatan,Umat Islam di Biak Laksanakan Shalat Idul Adha

KBRN, Biak :  Umat Islam di Kabupaten Biak  Numfor melakasanakan shalat Idul Adha di masjid-masjid  dan di lapangan Cenderawasih yang diselenggarakan Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Biak Numfor, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan,Jumat (31/7/2020)

Pantauan RRI,meski sempat hujan gerimis namun tidak mengurangi niat dari para jamaah untuk melaksanakan shalat berjamaah dengan mendatangi masjid maupun di lapangan dengan tetap  menggunakan masker dan membawa sajadah sendiri serta mencuci tanga menggunakan sabun.Selain itu  jamaah juga terlebih dahulu dilakukan pengukuran suhu badan oleh panitia maupun takmir masjid,dan juga pangaturan shaf dnegan jarak satu  hingga satu setengah meter.

Ustad Muhammad Faried Wajedy,SP.Di,M.Pd ,Ketua Yayasan Podok Pesantren DDI Hasanuudin Maros Sulawasi Selatan yang berrtindak selaku khatib dan imam di lapangan Cenderwasih  mengajak setiap muslim untuk diharapkan tidak mengendorkan ketakwaan kepada Allah SWT dengan berkurban karena Allah SWT tidak mengingkari janjinya bagi umatNYA,juga saat ini  di tengah  pandemi Covid-19.

“Jangan pernah kendor dengan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan memaknai Hari Raya  Idul Adha atau Idul Qurban,kita sebagai manusia  meski seberapa besar kita berbuat dan seberapa hebatnya  namun tetap berserah diri dan hanya kepadaNYA tempat  kita meminta,”ujar Ustad M.Faried Wajedy.

“Kitapun sebagai umat dengan adanya pandemi Covid-19  tetap taat kepada pemerintah,kepada pemimpin untuk terus beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan menerapkan protokol kesehatan ,”tututnya.

Sementara Ketua MUI   Biak Numfor Kamarudin mengungkapkan pantauan di masjid maupun di lapangan Cenderawasih ,para jamaah mentati protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 sesuai Surat Edaran Menteri Agama RI maupun Fatwa MUI.

“Alhamdulillah khusuknya pelaksanaan shalat Idul Adha kita dapat kali ini dan  tahun ini juga semua berjalan dengan baik dan tentu  berkat keterlibatan semua pihak serta keberhasilan Pemerintah  untuk menganjurkan masyarakat mengikuti protokol kesehatan ,relatif terlihat saat jamaah melaksanakannya,”ungkap Kamarudin.

Sebelumnya Ketua PHBI Biak Numfor H.Abdul Rahman berterimakasih kepada seluruh pihak dan umat Islam di Biak melaksanakan shalat ied dengan  mendukung penerapan protokol kesehatan.

“Terimakasih kepada Bupati Biak Numfor, Komandan Lanud Manuhua Biak, Kapolres Biak Numfor, RAPI, HMI,serta pihak lainnya yang terlibat mendukung pelaksanaan shalat Idul Adha di lapangan Cenderawasih Biak sehingga berjalan lancar meski lokasi pelaksanaan shalat harus dipindahkan di H-1 dari lokasi di hanggar Manuhua Biak ke lapangan Cenderawasih Biak,”ungkap H.Abdul Rahman.

Usai shalat Idul Adha, dilakukan penyembelihan hewan kurban di sejumlah lokasi dengan tetap menrapkan protokol kesehatan, sedangkan terkait jumlah hewan kurban di Idul Adha tahun ini, data DMI Biak Numfor tercatat sebanyak 133 ekor sapi dan 25 ekor kambing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00