DMI Biak Numfor Gandeng Tim Gugus Covid-19 Sosialisasi Pelaksanaan Idul Adha di Masa Pandemi

KBRN, Biak  : Pelaksaaan Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan Qurban saat wabah Covid-19  tengah disosialisasikan oleh Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (DMI)  Biak Numfor ,Kantor Kementeriaan Agama Biak Numfor dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak  Numfor,berlangsung di Kantor KUA Biak Kota ,Minggu (12/7/2020)

Pertemuan tersebut  dihadiri Bimas Islam Kemenag Biak Numfor Abdul Manaf Rumadaul S.Ag, dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor,Ruslan Epid M.Kes dan Wakil Ketua DMI Biak Numfor  M.Kuswoyo,STP serta Ketua Takmir Masjid di Biak.

 Menurut Wakil Ketua  DMI Kabupaten Biak Numfor,M Kuswoyo dari sosialisasi tersebut para Takmir Masjid telah siap untuk melaksanakan Ibadah Shalat Idul Adha sesuai protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

“Jelang Hari Raya Idul Adha, Takmir masjid se-Kabupaten Biak Numfor menyatakan siap melaksanakan ibadah shalat Idul Adha serta pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban. Kami juga kan melakukan pembatasan jamaah setiap masjid sebagai upaya memaksimalkan jamaah secara merata di masjd-masjid dan mushala yang ada dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,”tutur M.Kuswoyo didampingi Kasi Bimas Islam Kemenag Biak ,Abdul Manaf Rumadaul.

Sementara itu,Ruslan Epid,M.Kes dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menjelaskan bahwa pelaksanaan Ibadah Shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan Qurban.bagi setiap petugasnya wajib mengedepankan protokol di tempat ibadah.

“Tetap menerapkan protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,sehingga pelaksanaan shalat Idul Ahda maupun pelaksanaan penyembelihan hewan Qurban tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan setiap jamaah yang ada,”ungkap Ruslan.

Selanjutnya setiap jamaah diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada saat menunaikan shalat Idul Adha  sehingga turut memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan hal yang sama juga diterapkan protokol penyembelihan hewan Qurban.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00