Cegah Covid-19,Bandara Biak Siapkan Bilik Disinfektan

KBRN,Biak: Penumpang pesawat di bandara Frans Kaisiepo Biak dengan  tujuan Biak Makassar,Jakarta maupun Biak Serui harus melalui tenda atau bilik disinfektan/sterilisasi alias virus removal chamber saat memasuki pintu keberangkatan. Selain penumpang juga barang bawaan tidak lepas dari penyemprotan disenfektan dari kipas angin embun yang digunakan.

“Terus terang dengan adanya bilik disinfektan ini memberikan kenyamanan bagi kita calon penumpang sebelum melakukan perjalanan karena pentingnya pencegahan penyebaran virus covid-19 yang dilakukan PT Angkasa Pura I  (Persero) Biak selaku pengelola bandara  yang menyiapkan tenda atau bilik disinfektan ini,”ujar Ningsih,penumpang tujuan Jakarta saat berada di ruang tunggu Bandara Frans Kaiseipo Biak,Selasa (24/3/2020)

Sedangkan Bayu,penumpamg pesawat tujuan Serui juga mengakui pentingnya pencegahan di bandara maupun pelabuhan laut Biak dan adanya sarana bilik atau tenda disinfektan tersebut,dirinya berterimakasih kepada PT.Angkasa Pura Biak.

“Saya memberi  apresiasi kepada pihak Angkasa Pura Biak yang sigap menyiapkan sarana bilik desinfektan yang wajib dilewati para penumpang,”kata Bayu

Sementara GM.PT Angkasa Pura I (Persero) Biak, Agus Budiharto mengungkapkan setiap penumpang yang tiba dan berangkat wajib melalui tenda atau bilik disinfektan tersebut.

“Demi menangkal virus corona, Bandara Frans Kaisiepo mulai hari ini (Selasa) telah melengkapi berbagai sarana selain Thermal Scanner dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Biak., kami siapkan pula bilik disinfektan  dan setiap penumpang sebelum melewatinya terlebih dahulu akan  diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas menggunakan thermometer gun. Ada pula hand sanitizer yang ditempatkan pada 9 titik, serta penerapan social distancing saat antre dengan jarak minimal satu meter,”ujar Agus Budiharto

“Saat ini tengah  diberlakukan  KKP Biak yaitu dengan membagikan health alert card (HAC) atau kartu kewaspadaan kesehatan sebagai bukti telah melewati tahapan pemindaian di bandara.HAC ini wajib diisi oleh setiap penumpang pesawat dari daerah yang juga terjangkit virus corona seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan Bali. Kegiatan ini juga diterapkan kepada para penumpang yang berasaldari Makassar,”pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00