Pembangunan Gedung Rehabilitasi Sosial Biak, Mendapat Perhatian Serius Dari Pemerintah Provinsi Papua

Gedung Rehabilitasi Kabupaten Biak Numfor

KBRN, Biak. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Biak Numfor papua, Ferry Betay, S.H. MM, mengemukakan permasalahan sosial di Kabupaten Biak Numfor akhir – akhir ini cukub meningkat, tidak bisa diatasi pemerintah daerah semata namun membutuhkan peran serta lintas secktor  termasuk masyarakat untuk mengatasi secara bersama.

“Jadi  permasalahan sosial tidak hanya dilihat dari satu sisi namun banyaknya sisi, baik menyangkut kesejahteraan anak – anak di panti asuhan, orang gangguan jiwa, lansia,  disabilitas dan permasalahan sosial lainnya dalam kehidupan bermasyarakat , itu yang harus kita perhatikan” Demikian Kadis Sosial kabupaten Biak Numfor Ferry Betay , Rabu, (6/7/2022).       

Sehubungan hal tersebut / pemerintah daerah / melalui dinas sosial bekerja sama Balai Sosial Provinsi Papua,  di dukung Kementrian Sosial,  pekan ini akan menggelar workshop tentang rehabilitasi sosial,  dengan melibatkan puluhan peserta perwakilan, baik dari lembaga pemerintah maupun non pemerintah.  membahas dan merumuskan program mengatasi permasalahan sosial di kabupaten Biak Numfor.

“Jika permasalahan sosial di Biak,  dapat kita ditangani  secara bersama, justru dapat diatasi dengan baik sekaligus memberi dampak positif,  terhadap keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat berbagnsa dan bernegara “katanya  .      

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial kabupaten Biak Numfor,  Agustina Sara, S.Sos,  mengatakan  dalam tahun ini Kementrian Sosial berencana membangun Balai Rehabilitasi Sosial di Jayapura Provinsi Papua,  namun sedang diupayakan agar dialihkan ke Kabupaten Biak Numfor.

“Dengan rencana pembangunan Balai  Rehabilitasi Sosial  di Biak dan pengelolaannya  diserahkan langsung ke pemerintah daerah Biak Numfor , maka saya yakin  dalam  memberikan pelayanan akan berjalan  secara optimal bagi para disabilitas, lansia, anak terlantar, orang gangguan jiwa dan lainnya,  karena Panti Sosial Bina Netra di Kabupaten Biak Numfor yang kita punya  ini  selama ini  dibawa Unit Pelaksana Teknis (UPT)  Pemerintah Provinsi Papua” .imbuhnya.

Dinas Sosial kabupaten Biak Numfor, sebagai pelayan masyarakat,  tidak hanya tingga diam namun terus berupaya membangun komunikasi dengan pemerintah pusat dan sejumlah balai sosial lainnya di luar Papua,  untuk mendatangkan berbagai macam bantuan,  guna menjawab kebutuhan masyarakat yang kurang beruntung di Kabupaten Biak Numfor.

Berdasarkan data , Balai Rehabilitasi  Sosial di kabupaten Biak Numfor hingga  saat ini masih dibawah UPT Provinsi papua ,sehingga penggaran ditentukan oleh Provinsi. Sementara kondisi bangunan memprihatinkan ,  dan banyak yang rusak , karena  selama ini tidak terawat  baik, akibat tidak ada  dana untuk pemeliharaan gedung  maupun peremajaan sarana dan prasarana.   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar