Cuaca Ekstrim,Pemda Biak Numfor siapkan bama,obat-obatan dan air minum bagi warga kepulauan

Angin kencang dan gelombang tinggi di wilayah Biak Numfor
Himbauan Pemda Biak Numfor

KBTN,Biak: Kondisi cuaca angin  kencang dan gelombang laut tinggi saat ini terjadi disejumlah wilayah di Kabupaten Biak Numfor,bahkan menurut BMKG Biak,puncak cuaca ekstrim tersebut terjadi Selasa, 7 Desember 2021.

Kepala Kantor Stasiun Meteorologi Kelas I Frans Kaisiepo Biak,Luwi Agung Prasaja menyebutkan sejumlah fenomena alam secara global turut menimbulkan cuaca ekstrim yang dirasakan di Kabupaten Biak Numfor.

"Kondisi cuaca ekstrim saat ini adalah diakibatkan situasi global  yaitu masih adanya La Nina, kemudian adanya siklon tropis Nyatoh  yang melintas di utara kita yang kini bergerak menuju barat,dan juga adanya sirkulasi Eddy dan pada saat ini posisi dengan pasang air laut yang cukup tinggi sehingga dengan kejadian-kejadian tersebut menimbulkan angin yang semakin kencang dan gelombang tinggi,"ungkap Luwi Agung di Biak,Senin (6/12/2012)

"Untuk saat ini kecepatan angin rata-rata 15-30 knot dan puncaknya pada tanggal 7 Desember 2021,gelombang semakin tinggi di wilayah utara Biak mencapai 2-4 meter,"tuturnya

Kondisi cuaca buruk angin kencang dan gelombang tinggi tersebut  Pemda  Biak Numfor telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak dalam upaya mengantisipaai cuaca buruk tersebut khususnya bagi kebutuhan masyarakat di daerah kepulauan.

"Khusus untuk masyarakat Biak Numfor di kawasan kepulauan Padaido,Aimando dan Numfor,kami terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi serta komunikasi dengan beberapa kepala wilayah setempat, dan informasi yang kami dapatkan bahwa warga saat ini membutuhkan bahan makanan (bama),obat-obatan dan air minum,"ujar Sekda  Biak Numfor Markus O.Mansnembra,SH.MM

"Satu dua hari ini kami segera mendistribusikan ke wilayah Padaido, Aimando dan kami juga  akan menyiapkan bagi masyarakat pulau Numfor,"tuturnya.

Sekda mengimbau warga untuk tidak melaut maupun melakukan pelayaran.'

"Kami pemerintah sedang fokus dalam penanganan kondisi cuaca ekstrim dan mengantisipasi dampak yang ditimbulkan sehingga kami imbau warga untuk bantu kami dengan tindak melakukan hal-hal beresiko yang dapat membahayakan nyawa, "tegas Sekda.

Sementara Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Biak Oktovianus C Karubaba, SE,MM mengatakan sesuai Maklumat Pelayaran yang dikeluarkan tanggal 29 November 2021 maka penundaan keberangkaan kapal mulai berlaku tanggal 6 Desember 2021.

"Berdasarkan Maklumat Pelayaran terkait kondisi cuaca serta adanya himbauan dari Pemda Biak Numfor bagi seluruh komponen masyarakat maka untuk kapal-kapal peeintis,kapal cepat,dan ASDP ditunda hingga ada informasi terbaru dari BMKG jika cuaca telah membaik,"ujar Oktovianus C Karubaba.

Warga masyarakat serta para pengguna jasa maritim di Biak Numfor untuk mematuhi himbauan yang telah dikeluaarkan pemerintah

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar