Pelaksanaan Shalat Idul Fitri di Biak akan dipusatkan di Masjid

KBRN,Biak:Mengacu  sejumlah Surat edaran dan Adendum yang dikeluarkan Pemrintah pusat hingga daerah selama bulan Ramadhan 1442 H  di masa pandemi, Pemda Biak Numfor keluarkan Surat Edaran (SE) tentang pelaksanaan ibadah Shalat Idul Fitri 1442 H/2021 dan ibadah Kenaikn Isa AlMasih.

SE Nomor 451.1/312 berlaku 10 Mei 2021 ditandatangani Bupati Herry Ario Naap yang berisikan sejumlah poin  diantaranya pelaskanaan shalat ied tidak dilakukan di lapangan terbuka namun di masjid atau di rumah.Selain itu penggunaan pengeras masjid yang disesuaikan dengan waktu yang telah diatur DMI Biak Numfor.

Menyikapi hal tersebut Ketua Umum MUI Kabupaten Biak Numfor Kamraudin,S.Pd mengimbau umat muslim mentaati SE Bupati dan melaksanakan Sholat Idul Fitri di masjid dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"SE Bupati cukup jelas mengatur pelaksanaan ibadah Shalat Idul Fitri dan ibadah Kenaikan Isa Al Masih sehingga kami menghimbau umat muslim untuk memakmurkan masjid dengan melaksanakn shalat Idul Fitri di masjid atau mushala dan tidak lepas dari aturan protokol kesehatan,"ujar Kamarudin di Biak,Senin (10/5/2021).

"Pelaksanaan shalat Idul Fitri 1442 H bertepatan pula dengan peringatan ibadah Kenaikan Isa Almasih bagi umat Kristiani maka inilah bentuk toleransi yang terjalin selama ini dengan saling menghormati dan menghargai antar umat beragama dan tentu mewujudkan Biak Numfor yang religius,berkarakter dan berbudaya,"imbuhnya

Sementara Sekretaris DMI Biak Numfor Agus Filma,S.Sos menambahkan,pengurus DMI telah mengeluarkan pemberitahuan bagi pengurus Takmir Masjdi di Kabupaten Biak Numfor untuk mengiikuti SE Bupati tersebut,salah satunya  terkait pengaturan pengeras  suara.

"Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Biak Numfor untuk.memastikan kembali kesiapan masjid dalam penerapan prokes Covid-19,"kata,Agus Filma.

"Salah satu yang diatur terkait pengeras suara masjid yang digunakan mulai pagi jam 06.00 hingga 07.00 Wit karena pada jam 09.00 Wit umat Kristen melaksanakan Ibadah,"tuturnya

Penentuan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah masih menunggu sidang Isbath Kementerian Agama RI,sementara di tanggal 13 Mei 2021 bertepatan dengan peringatan Kenaikan Isa Al Masih dengan ibadah dilakukan umat Kristen di Biak Numfor dan Papua  umumnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00