Paska Lebaran,Harga Komoditas Pangan di Biak Masih Tinggi

KBRN,Biak:Memasuki hari ke-5 paska Lebaran Idul Fitri 1449 H, harga sejumlah komoditas  pangan di pasar sentral di Kabupaten Biak Numfor,Papua, masih cukup tinggi.

Pantauan RRI di pasar sentral Darfuar Samofa,Senin (10/6/2019) bahan  pangan seperti bawang merah,cabai,tomat masih cukup tinggi,bahkan terdapat komoditas yang persediaannya terbatas.

“Stock bawang merah sangat terbatas karena pengiriman melalui kapal tidak ada, karena kapal Pelni fokus mengangkat penumpang arus balik sehingga komoditas seperti bawang merah, bawang putih terbatas.”ujar Irfan, salah satu pedagang komoditas pangan di pasar Darfuar.

“Harga bawang merah Rp60 ribu perkilogram yang sebelumnya seharga Rp45  ribu-Rp50 ribu, bawang putih Rp55 ribu,cabai dari harga Rp 70ribu,turun menjadi Rp50 ribu,sedangkan harga tomat lokal masih cukup tinggi Rp35 ribu perkilogram,sementara sayur mayur lainnya baik lokal maupun dari luar Biak masih stabil,”tuturnya

Sementara persediaan daging sapi dan ayam di sejumlah lokasi kosong,setelah sebelumnya jelang Idul Fitri banyak konsumen yang membeli daging segar yang dijual para peternak.

H.Yaya, selaku koordinator pedagang daging segar jelang Lebaran, menyebutkan meski mengalami penurunan persediaan daging dibanding tahun lalu namun cukup mengakomodir kebutuhan  pembeli.

“Daging sapi segar yang kami siapkan jelang Idul fitri tahun ini mencapai 2 ton sedangkan  tahun lalu berkisar 1,5 ton dengan harga stabil Rp 150 ribu per kilogram dan dari persediaan tersebut ludes dibeli pada H-1,”ujar H.Yaya

Kebutuhan daging diperkirakan akan kembali meningkat di bulan Desember mendatang.

Hingga senin sore,aktifitas pasar terlihat sepi, banyak pedagang yang belum berjualan dan hari senin 10 Juni 2019 juga ditetapkan sebagai libur fakultatif Papua sebagai hari Pentakosta ke dua

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00