Karantina Pertanian Kelas I Biak Kirim Kopra 15 Ton Tujuan Surabaya

Karantina Pertanian Kelas I bIak fasilitasi pengiriman Kopra asal Biak ke Surabaya (photo : SKP Kelas I Biak)
Kopra asli Biak Numfor

KBRN, Biak. Sebanyak 15 Ton kopra asal kabupaten  Biak Numfor,  dikirim oleh Stasiumln Karantina Pertanian lelas I Biak, tujuan Surabaya melalui KM Sinabung, Pada Jumat, 12/8/2022.

Hal ini disampaikan Koordinator Fungsional Karantina Tumbuhan Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Biak,Saudi Tunru S,Si. Lebih lanjut dikatakan Saudi,  Karantina Pertanian Biak,  memfasilitasi pengiriman kopra,  setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan pada Rabu (10/8/2022) untuk  memastikan kopra bebas hama dan penyakit tumbuhan.

“Kami Karantina Pertanian Biak, telah memfasilitasi pengiriman kopra Biak sebanyak 15 ton tujuan Surabaya  dan kami Karantina Pertanian kelas I Biak , sebelumnya telah melakukan pemeriksaan pisik kepada kopra tersebut dan kopra tersebut aman dan sehat untuk dikirim ke Surabaya . Kemudian kopra yang baik adalah  kopra yang kering dan memiliki kandungan air yang seminimal mungkin agar tidak mudah terserang oleh jamur,” jelasnya 

Dikatakan Saudi, kopra yang dikirim kali ini,  berasal dari  Biak Timur, kepulauan sekitar hingga daerah Biak Utara.

“Jadi kopra yang dikirimkan ini , merupakan kopra yang dikumpulkan dari distrik Biak Timur dan pulau-pulau sekitarnya seperti pulau Owi , Bromsi dan Wundi dan sebagian lagi kopranya berasal dari Biak Utara,"tuturnya .

Komoditi kopra saat ini, menjadi salah satu komoditi unggulan di kabupaten Biak Numfor. Secara berkelanjutan, Karantina Pertanian Kelas I Biak berkomitmen terus mendorong pengiriman kopra asli Biak,  aman hingga ditempat tujuan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar