Penerima Gaji Ke-13 Diharapkan  Bijak Dalam Mengelolah Dengan Baik

Agung Kusuma KPPN Biak

KBRN, Biak. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati,  telah mengumumkan waktu pencairan gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN ), Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan,  di tanggal (1/7/2022).

Terkait hal tersebu,  KPPN Biak telah menerima pengajuan gaji 13 dari hampir seluruh  satker mitra kerja KPPN Biak.

Hal ini dikatakan Kepala Seksi Pencairan Dana dan Manajemen Satker (PDMS) Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) kabupaten Biak Numfor, Pak Agung Kusuma Hadi, melalui Dialog Pojok Keungan RRI Biak Kamis, (30/7/2022).

Menurut Agung Kusuma seiring dengan pemulihan ekonomi dan penanganan COVID-19  yang telah berjalan selama dua tahun, berdampak pula pada APBN.

“Gaji ke-13 ini diatur dalam peraturan Mentri Keuangan untuk yang bersumber dari APBN, sedangkan yang bersumber dari APBD, akan diatur oleh peraturan kepala daerah . Untu peraturannya  dasarnya itu adalah peraturan pemerintah nomor tahun 2022, kemudian peraturan Mentri Keuangan nomor 75 tahun 2022, dan implemantasi dari peraturan itu membahas tentang pembayaran Tujnjagan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13” katanya.

Selanjutnay para penerima gaji 13 diharapkan bijak dan dapat mengelola dengan baik sheingga mamapu menjawab kebutuhan di saat ini seperti kebutuhan di tahun ajraan baru.

“Tujuan gaji ke-13 itu sebagai stimulus ekonomi, dan kapan diberikan yakni satu Juli,  dimana masuk pada tahun pendidikan dan pada saat itu,  banyak sekali kebutuhan-kebutuhan, sehingg gaji ke-13 lah yang akan menjawab kebetuhan tersebut ” pungkasnya .

Dikutip dari laman djpb kemenkeu disebutkan  untuk gaji ke-13 tahun 2022 ini, diberikan kepada seluruh ASN pusat berjumlah 1,79 juta pegawai, termasuk TNI, Polri, Sedangkan ASN daerah jumlahnya 3,65 juta pegawai.

“Gaji ke-13 diberikan kepada pensiunan jumlahnya sebanyak 3,32 juta orang dengan total keseluruhan anggaran disiapkan oleh pemerintah, sebesar Rp.35,5 triliun. katanya .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar