Danrem 041/Gamas Siap Dukung Belajar Mengajar Tatap Muka

KBRN, Bengkulu - Komandan Korem (Danrem) 041/Gamas Brigjen TNI Yanuar Adil menghadiri coffee morning dan dilanjutkan dengan rapat persiapan belajar tatap muka, jegiatan dilaksanakan di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Kota Bengkulu pada Rabu, (10/2/2021).

Dalam kesempatan ini, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri, terkait tentang penyelenggaraan pembelajaran sekolah tatap muka, Pemerintah Daerah bersama FKPD Propinsi Bengkulu melaksanakan rapat persiapan belajar tatap muka.

"Dengan kondisi wabah yang mulai terkendali, kesiapan penanganan dan aspirasi dari masyarakat yang luar biasa kuat, sebagaimana juga disampaikan oleh kepala dinas kesehatan, kita mulai berpikir bagaimana memulai membuka sekolah tatap muka, tapi tentu dengan sekenario Protokol Kesehatan. Sebagaimana kita ketahui bersama kegiatan belajar mengajar dengan online mungkin kalau di pusat-pusat kota berjalan dengan lancar, akan tetapi apalila kita lihat di kabupaten atau desa kegiatan tersebut tidak maksimal, bahkan tidak dilaksanakan dikarenakan beberapa faktor diantaranya, jaringan Internet yang mungkin belum tersedia di pelosok-pelosok desa. Untuk itu, saya meminta dukungan dari FKPD dan instansi terkait untuk dapat bersama sama mendukung kegiatan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Eri Yulian Hidayat selaku Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi menyebutkan, setelah pihaknya melakukan pemantauan dari aspirasi orang tua murid bahwa pelaksanaan pembelajaran tatap muka, sangat diinginkan, mengingat dalam waktu dekat anak-anak kita akan melaksanakan ujian Nasional. Oleh karena itu pihaknya mohon kepada forum ini dapat memberikan dukungan dan support agar anak-anak bisa melaksnakan proses pembelajaran tatap muka kembali.

"Tentunya nanti kami akan membagi tehnisnya dengan pihak sekolah mulai dari pembagian siswa perkelas yang semula 36 siswa/kelas menjadi 16 siswa/kelas dan sebagainya," katanya.

Disisi lain, Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Yanuar Adil juga menyampaikan dukungannya kepada Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu dalam pelaksanaan sekolah dengan tatap muka.

"Kami siap mendukung kebijakan untuk sekolah dengan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka tentunya harus adanya dukungan dari Pemerintah Daerah Provinsi. Apalagi jika di lihat dari SKB menteri, harus ada tempat cuci tangan, memakai masker dan sebagainya, untuk itu pemerintah provinsi harus menyiapkan sarana tersebut," jelasnya.

Lebih lanjut ditambahkan, dengan dukungan itu pihaknya memerintahkan unsur bawahan, apakah itu Dandim, Babinsa untuk mengecek sekolah yang ada di wilayahnya, terkait sekolah-sekolah tersebut sudah siap untuk melaksanakan belajar, mulai dari jarak tempat duduknya. Lalu apakah sudah 1,5 meter serta tempat cuci tangan dan sebagainya.

"Jajaran kita akan cek, ini pegangan untuk memberikan laporan bahwa sekolah ini sudah siap untuk kegiatan tatap muka, itulah bentuk dukungan kami untuk merealisasikan kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka," demikian Danrem.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Wakil Gubernur Provinsi, Kapolda diwakili Karo OPS Polda, Danlanal, Kajati, Kepala Pengadilan Tinggi Provinsi, Kepala Pengadilan Tinggi Agama Provinsi, Kepala BIN Daerah Bengkulu, Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi, Sekretaris Daerah Provinsi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi, Kepala Kesehatan Provinsi, Kepala Badan Kepegawaian Provinsi, Kepala BPBD Provinsi, Kepala Satpol PP Provinsi, Kepala Biro pemrintahan dan Kesra Setda Provinsi Bengkulu, Dewan Pendidikan dan Korwas SMK dan SMA. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00