Dukung UN Ditiadakan, Legislator Sebut Daerah Perlu Buat Standar Kelulusan

KBRN, Bengkulu : Lantaran wabah pandemi Covid 19 masih belum redah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah mengeluarkan keputusan untuk meniadakan Ujian Nasional (UN).

Dengan adanya keputusan Mendikbud tersebut mendapat respon positif dari Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, H. Zainal.

Zainal menyatakan setuju dan mendukung keputusan Kemendikbud tersebut. Mengingat selama ini, memang baik sekolah maupuun siswa cukup kewalahan menghadapi pelaksanaan UN. Hanya saja paling tidak harus ada ukuran atau standar kelulusan yang ditetapkan setiap daerah.

“Jika tidak adanya penetapan standar daerah dan semuanya justru diserahkan sepenuhnya kepada sekolah, maka hal tersebut akan berdampak kurang baik. Diantaranya, akan dapat mengurangi kualitas pendidikan yang menjadi tolak ukur keberhasilan pendidikan di suatu sekolah,” ujar politisi PKB ini pada Senin, (8/2/2021).

Selain itu menurut Anggota DPRD Provinsi dari daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Lebong ini, jika nantinya keputusan kelulusan siswa diserahkan semuanya ke sekolah, dipastikan setiap sekolah akan berupaya untuk meluluskan setiap muridnya. Oleh karena itu, diperlukan standarisasi yang ditetapkan setiap daerah, agar keberhasilan pendidikan di sekolah, dapat lebih terukur.

"Apabila standarisasi ditentukan oleh sekolah, jumlah persentase kelulusan diperkirakan tidak bisa menentukan kualitas pendidikan yang di dapat oleh seorang siswa. Jadi alau tidak ada standar lokalnya, maka lebih baik pakai standar nasional," kata Zainal.

Lebih lanjut ditambahkan, terkait implementasi dihapusnya UN mulai tahun ini, pihak legislatif berencana melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi, membahas seputar standar kelulusan generasi penerus bangsa di Bengkulu dari jenjang pendidikan.

“Meskipun di sebut mitra kerja nya itu terkesan sombong, lantaran pelaksanaan belajar tatap muka yang di mulai awal Februari lalu, tanpa berkoordinasi dengan DPRD Provinsi dan kita tahu dari teman-teman media massa di Bengkulu,“ tutup Zainal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00