Pemerintah Diminta Perhatikan Serius Tenaga Guru di Tengah Pandemi

KBRN, Bengkulu : Berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa, setiap guru berhak atas perlindungan dan kesejahteraan.

Hal ini diungkapkan Senator Muda Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief, tepat pada peringatan Hari Guru Nasional 2020 yang jatuh pada hari ini, Rabu (25/11/2020).

"Tidak akan ada dunia pendidikan yang dapat berjalan tanpa guru. Baiknya kualitas anak bangsa tergantung pada kualitas guru-gurunya. Guru berperan bukan hanya memberi anak-anak pengetahuan, tapi juga mendidik anak agar pengetahuan yang diperoleh bermanfaat untuk kebaikan bersama seluruh anggota masyarakat," kata Riri Damayanti.

Riri juga menyoroti beberapa persoalan di Bumi Rafflesia yang perlu dibenahi agar guru bisa memperoleh perlindungan dan kesejahteraan yang memadai.

Bahkan di tengah pandemi, masih banyak guru yang meragukan kesiapan sekolah untuk mengadakan pembelajaran secara tatap muka setelah diizinkan Mendikbud.

“Sebaiknya kebijakan ini baik buruknya dikaji ulang kecuali vaksin covid-19 telah ada dan bisa didapat dengan mudah. Ini dari sisi perlindungan yang perlu untuk guru," ujar Riri.

Dari sisi kesejahteraan, Senator Bengkulu ini berharap, bantuan subsidi upah untuk guru honorer dapat terus berlanjut hingga pandemi usai. Apalagi jumlahnya cukup banyak.

Belum lagi di bawah Kemenag Provinsi Bengkulu saja sudah ada 3 ribu lebih, sehingga untuk sekolah negeri umum tentu lebih banyak lagi.

“Kesejahteraan guru honorer ini harus benar-benar dibantu mengingat sejak pandemi berlangsung kehidupan berat telah mereka alami sampai kini," ungkap Riri Damayanti.

Lebih lanjut ia juga berharap, pemerintah di semua jenjang bisa menyempurnakan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran jarak jauh selama pandemi covid-19 masih berlangsung. Mengingat guru itu juga butuh pulsa. Apalagi hal tersebut sudah di respon oleh Kemendikbud yang tahun depan memperbolehkan anggarannya dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

“Saya yakin tak akan cukup karena BOS juga dipakai untuk upah honorer dan lain-lain. Jadi mudah-mudahan pemerintah daerah juga ikut berperan dengan maksimal," demikian Riri Damayanti.

Data terhimpun, Hari Guru Nasional telah diperingati sejak ditetapkan 25 November 1994 melalui Kepres Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional sebagai bentuk penghormatan untuk para guru yang telah berjuang mencerdaskan anak bangsa.

Selain itu Kemendikbud telah mengeluarkan pedoman dalam memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2020 pada Kamis 19 November 2020, dengan tema Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar.

Dalam peringatan upacara bendera peringatan hari guru ini, siapapun di minta untuk tetap memperhatian protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 sesuai sebagaimana yang ditetapkan pemerintah.

Tatap muka terbatas diizinkan pada Instansi Pusat, Instansi Daerah, Satuan Pendidikan, serta Kantor Perwakilan Republik di luar negeri yang berada dalam zona hijau dan kuning.

Sementara yang berada dalam zona orange dan merah, mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah masing-masing.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00