Prihatin Puluhan Santri Ponpes Hidayatul Qomariah Keracunan, Kemenag : Ini Musibah

KBRN, Bengkulu : Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd menyampaikan prihatin atas peristiwa puluhan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Hidayatul Qomariah, Kelurahan Padang Serai, Kota Bengkulu, yang keracunan usai memakan nasi dengan lauk telur sambal pada Jumat, (14/8/2020).

Bahkan Bustasar langsung memantau para santri yang telah dirawat di rumah sakit (RS), dan beberapa Puskesmas di Kota Bengkulu.

‘’Dari keterangan dokter di RS bahwa santri-santriwati Ponpes Hidayatul Qomariah, tidak ada yang mengkhawatirkan. Mudah-mudahan hari ini mereka sudah bisa dipulangkan ke pondok dan keluarganya masing-masing,’’ kata Bustasar didampingi Kabid Pakis Kanwil Kemenag Drs. H. Hamdani, M.Pd ketika meninjau para santri di rumah sakit. 

Menurut Bustasar, kejadian ini bagian dari musibah kemanusiaan yang merupakan kehendak Allah SWT. Untuk itu Bustasar mengajak, keluarga besar pondok agar tetap bersyukur bahwa Allah SWT masih memberikan perlindungan dan keselamatan kepada para santri, sehingga santri-santri bisa selamat dari ujian ini.  

‘Ujian dari Allah SWT ini harus kita jalani dengan sabar dan ikhlas,’’ jelasnya pada Sabtu, (15/8/2020).

Lebih lanjut ia tetap meminta, kepada seluruh Pondok Pesantren se-Provinsi Bengkulu agar kedepan untuk lebih mawas diri dan waspada, serta senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, kebersihan makanan serta yang terpenting memastikan bahwa makanan pokok yang diberikan kepada santri-santri sehat dan bersih. 

‘’Mudah-mudah peristiwa ini menjadi pelajaran, dan tidak terulang lagi,’’ imbuh Bustasar. 

Selain itu Bustasar juga mengapresiasi, peran dan kinerja dari pelayanan sejumlah rumah sakit, dan beberapa tenaga medis di Puskesmas yang telah merawat para korban. 

Bahkan ia juga mengapresiasi peran masyarakat, aparat pemerintah dan anggota Polri, serta TNI, yang telah membantu mengevakuasi para korban, sehingga memastikan para santri bisa sehat dan selamat dari ujian ini.

Sementara itu, Pimpinan Pontren Hidayatul Qomariah Ali Shodiq Ahmad juga mengapresiasi tindakan nyata dari Kakanwil Kemenag Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd serta jajaran. Apalagi peran serta dari tenaga medis, aparat pemerintah, TNI dan Polri yang juga telah membantu mengevakuasi para santri binaannya ini.

‘’Alhamdulilah para santri kami, sehat dan baik. Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih, mudah-mudahan mereka dipermudahkan pertolongan oleh Allah SWT. Saya juga mengucapkan dan apresiasi kepada Bapak Kakanwil Kemenag dan jajaran yang telah meninjau dan melihat langsung para santri kami. Kami mohon doanya, kiranya bisa menghadapi ujian ini dengan sabar dan ikhlas,’’ tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00