SD Negeri 34 Kota Bengkulu Meriahkan HUT RI dengan Lomba Menghias Kelas

Lomba Menghias Kelas SD Negeri 34 Kota Bengkulu
Kegiatan Lomba Membawa Kelereng yang diikuti para Siswa, Guru dan Orang Tua Wali Murid di SD Negeri 34 Kota Bengkulu

KBRN, Bengkulu: Lomba menghias kelas di SD Negeri 34 Kota Bengkulu dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun menjadikan sekolah itu terlihat semarak dan ceria, hasil kreasi siswa bersama orang tua wali murid yang juga didampingi Guru kelas masing-masing.

Siswa dan orang tua, menunjukkan kerjasama mereka untuk menjadikan kelas masing-masing terlihat indah, tertata rapi dan bersih dengan tampilan ornamen, lukisan mural serta tampilan baru dari meja siswa yang terlihat lebih berwarna, menimbulkan kesan nyaman bagi siswa untuk belajar di kelas.

“Perlombaan ini diadakan dalam rangkaian HUT Kemerdekaan RI bersama perlombaan lainnya seperti lomba makan kerupuk khusus untuk siswa kelas 1, 2 dan 3, lomba memindahkan air dari baskom ke botol, lomba membawa kelereng serta lomba joget balon yang tidak hanya diikuti oleh siswa namun juga orang tua wali murid dan guru.” ungkap Kepala SD Negeri 34 Kota Bengkulu, Heny Harti SPd, Selasa (16/8/2022).

Melalui perlombaan tersebut, sekolah ingin meningkatkan kebersamaan antar siswa, guru dan orang tua yang diharapkan nantinya juga berimbas pada suasana belajar mengajar di sekolah serta iklim sekolah yang menyenangkan bagi semua pihak.

“Khusus lomba menghias kelas, sekolah menyerahkan sepenuhnya pada kesepakatan orang tua wali murid di masing-masing kelas tanpa adanya pemaksaan dari sekolah. Yang pengerjaannya juga dilakukan secara bergotongroyong oleh seluruh orang tua wali murid, siswa dan guru kelas mendampingi.” tambahnya. 

Heny juga mengatakan bahwa yang mengilhami lomba-lomba yang digelar di sekolah itu terutama lomba menghias kelas, bukan hanya karena memperingati HUT RI namun juga karena melihat kepedulian orang tua siswa yang tinggi untuk kemajuan pendidikan anak anaknya walaupun dengan keterbatasan sumber daya yang di miliki siswa.

"Maka dengan landasan bahwa membangun pendidikan merupakan tanggung jawab semua orang, sehingga keterlibatan orang tua siswa sangat tepat untuk membantu majunya pendidikan khususnya di SD Negeri 34 dan kota Bengkulu secara umum," ujarnya.

Dalam lomba menghias kelas itu, masing-masing kelas juga membuat pojok baca yang bisa digunakan siswa di saat beristirahat atau setelah usai mengerjakan tugas sehingga tidak mengganggu teman lainnya.

Dari pantauan RRI kreasi yang ditampilkan di masing-masing kelas sangat menarik dan kreatif, mulai dari lukisan mural berbentuk pohon cita-cita anak yang juga ditempeli foto anak, pohon dengan tempelan kertas origami berbentuk telapak masing-masing siswa, pemasangan karpet plastik di bagian meja siswa sehingga menjadikan meubel yang cukup lama terlihat lebih baru, serta hiasan khas yang digantung harmonis di bagian jendela kelas dengan nuasa Merah Putih karena bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI.

Sementara itu orang tua terlihat memberikan dukungan terhadap perubahan suasana di sekolah itu, yang dirasakan semakin menimbulkan keakraban antar sesama wali murid serta juga para guru. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar