Rusak Berat, Tujuh Sekolah di Kota Bengkulu Mulai Diperbaiki

Kasi Sapras Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Juli Andono.

KBRN, Bengkulu: Kasi Sapras Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Juli Andono mengatakan tahun ini terdapat tujuh sekolah di Kota Bengkulu yang terdiri dari enam tingkat Sekolah Dasar dan satu SMP yang dibantu untuk renovasi sekolah dari pihak Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya.

Tujuh sekolah yang mendapat bantuan renovasi tersebut sebelumnya dalam kondisi rusak berat dengan kategori perhitungan kerusakan sesuai Form PUPR (form pengisian standar kerusakan sesuai ketentuan pihak Kementerian PUPR), berada diatas 45 persen dengan nilai bantuan bervariasi berkisar 1-2 miliar rupiah per masing-masing sekolah.

Pengerjaan renovasi sekolah itu sudah berlangsung dari bulan Juni 2022 lalu yang diperkirakan akan tuntas selama lima bulan.

“Sebenarnya masih banyak sekolah yang dinilai layak untuk mendapatkan bantuan melalui Program Renovasi Satuan Pendidikan dengan status rusak berat tersebut, namun untuk tahun ini baru tujuh sekolah itu yang diusulkan dan dinilai memenuhi syarat untuk dibantu pengerjaannya langsung oleh pihak Kementerian.” ungkap Kasi Sapras Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Juli Andono, Sabtu (14/8/2022).

Untuk tahun berikutnya, pihaknya mengupayakan agar banyak sekolah di Kota Bengkulu yang bisa diusulkan perbaikannya melalui program pusat yang sudah berjalan untuk tahun ketujuh ini.

Dijelaskan Juli Andono, saat ini pihak dinas juga sudah berkoordinasi dengan Satker dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah – BPPW Bengkulu, disamping juga mengimbau sekolah untuk membuat proposal yang akan ditindaklanjuti pihaknya untuk membuatkan surat pengantar untuk peninjauan lokasi sekolah yang mengalami kerusakan sehingga tahun depan diharapkan bisa dibantu perbaikannya.

“Sampai sejauh ini terdapat enam sekolah yang mengajukan proposal yang diharapkan juga akan disusul sekolah-sekolah lainnya, sehingga membuka peluang lebih banyak sekolah yang mendapat bantuan renovasi nantinya.” tandasnya. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar