40 Sekolah Di Kaur Akan Melaksanakan Kurikulum Merdeka

Kasi Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kaur

KBRN, Bintuhan : 40 Sekolah di Kabupaten Kaur mulai dari PAUD hingga SLTA pada tahun 2022 sudah mulai menerapkan pelaksanaan kurikulum merdeka.

40 sekolah ini sudah terdaftar dan ter SK kan oleh Kementerian Pendidikan dalam hal ini lembaga kependidikan yang menaungi kurikulum tersebut. Kurikulum merdeka ini merupakan kurikulum penguat dari kurikulum K13 yang sudah berjalan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kaur melalui Kasi Kurikulum dan Penilaian Agus Imron mengatakan, 40 sekolah yang melaksanakan ini sesuai yang sudah ter SK. Dalam pelaksanaan ini sebagai tujuan awal diluncurkannya kurikulum merdeka, sebagai penguat kurikulum lama dengan metode yang lebih sederhana dan lebih menyentuh ke mata pelajaran dengan ditopang karakteristik kepancasilaan.

" Sudah ada 40 sekolah yang sudah terdaftar dan ter SK, dari tingkat Paud hingga SMA, sehingga pada tahun ini mereka sudah menerapkan kurikulum tersebut," jelas Agus, Kamis (11/8/2022).

Selanjutnya dijelaskan Agus Imron, untuk sekolah-sekolah yang belum terdaftar dan ter SK, apabila bersedia dan sanggup melaksanakan kurikulum ini harus mendaftar terlebih dahulu. Namun pada tahun 2024 akan dilakukan evaluasi, dalam artian akan ditetapkan atau tidak penggunaan kurikulum tersebut menjadi kurikulum nasional, maka seluruh sekolah mau tidak mau harus menerapkan kurikulum tersebut.

Sementara untuk 40 sekolah ini, pihak Dinas Pendidikan akan terus memonitoring tahapan demi tahapan, pada pelaksanaan kurikulum merdeka dalam proses belajar mengajar. Untuk itu Agus Imron menghimbau kepada seluruh sekolah yang sudah ditetapkan hendaknya menyiapkan setiap proses yang ada, supaya tujuan dari kurikulum merdeka bisa dicapai.

" Kami terus akan memonitor tahapan pelaksanaan ini, agar tujuannya bisa segera tercapai," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar