Kurikulum Merdeka Ditargetkan Dapat Diterapkan di Seluruh Sekolah Pada Tahun 2024 Mendatang

KBRN, Bengkulu: Penyusun program fasilitas pendidikan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan BPMP Propinsi Bengkulu Sony Martha menyebut kurikulum merdeka memang belum diwajibkan untuk diterapkan tahun ini juga, karena penerapannya kembali pada kesiapan sekolah masing masing. Meski demikian pemerintah menargetkan seluruh sekolah pada tahun 2024 harus sudah menerapkan kurikulum merdeka tanpa terkecuali.Kurikulum merdeka berarti memberikan kebebasan tidak hanya bagi siswa, guru namun juga bagi sekolah.

" inti dari tujuan pendidikan adalah untuk mencerdaskan dan menghasilkan SDM yang unggul, sebenarnya cikal bakal kurikulum merdeka sudah muncul sejak Ki Hajar Dewantara" ujar Sony.

Ia mengatakan terdapat 3 fase dalam penerapan kurikulum merdeka. Tiga fase tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi dan situasi dari masing-masing satuan pendidikan, yakni:

1. Mandiri BelajarPilihan mandiri belajar akan memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan kurikulum merdeka.Beberapa bagian atau prinsip-prinsipnya saja tanpa mengganti kurikulum yang sedang diterapkan pada satuan PAUD, Kelas 1, Kelas VII, dan Kelas X.

2. Mandiri BerubahJalur kedua akan memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk menerapkan kurikulum merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, Kelas 1, Kelas VII, dan Kelas X.

3. Mandiri BerbagiSementara yang ketiga, sekolah bisa mengembangkan sendiri perangkat ajar dalam proses penerapan kurikulum merdeka.Jalur ini juga memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam menerapkan kurikulum merdeka dengan mengembangkan sendiri perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, Kelas 1, Kelas VII, dan Kelas X.

Dalam hal ini, Sony mengajak kepada guru dan satuan pendidikan untuk menyiapkan ajaran baru dengan semangat belajar dan berbagi. Ia pun mendorong agar guru dan sekolah mengunakan platform Merdeka Mengajar yang telah disediakan oleh pemerintah.

"Mari terlibat dalam komunitas belajar baik di dalam sekolah, antar sekolah, antar guru dan murid" pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar