Cegah Stunting, Dosen Unihaz Kenalkan Es Krim Remunggai

Sosialisasi dan pelatihan pembuatan es krim remunggai
Sosialisasi dan pelatihan pembuatan es krim remunggai
Sosialisasi dan pelatihan pembuatan es krim remunggai

KBRN, Bengkulu : Dosen Universitas Hazairin (Unihaz) Bengkulu Evsa Wulan Sari mengenalkan inovasi berbentuk makanan yang digemari anak-anak yaitu Es Krim Remunggai sebagai makanan pencegah stunting.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan oleh Dosen dan Mahasiswa Unihaz dalam Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Periode XXXIII yang bertempat di Kelurahan Rawa Makmur Kota Bengkulu, kemarin (22/6). 

Kegiatan yang bertema Sosialiasi Es Krim Stik Remunggai Superfood Pencegah Malnutrisi dan Pendukung Gaya Hidup Sehat Guna Mempercepat Penurunan Stunting’ antara lain dihadiri oleh Lurah Rawa Makmur, Ibu-ibu PKK, warga masyarakat dan anak-anak yang berdomisili di keluarahan Rawa Makmur.

Evsa Wulan Sari selaku dosen dan ketua tim pengabdian mengatakan sosialisasi ini menjadi momen mengenalkan makanan pencegah stunting dalam mempercepat penanganan stunting di wilayah ini.

"Dikarenakan masih banyakwarga yang belum mengetahui apa itu stunting dan pencegahannya, serta belum mengenal khasiat tanaman Remunggai sebagai superfood pencegah malnutrisi penyebab Stunting, maka kami melakukan usaha preventif stunting dengan mengkonsumsi es krim stik berbasis remunggai,” ujar Evsa. 

Dalam kegiatan sosialisasi ini, lanjutnya, masyarakat tidak hanya diajarkan cara membuat es krim yang enak dari remunggai tetapi juga berkesempatan mencicipi es krim remunggai yang telah disiapkan secara gratis oleh tim pengabdi.

Evsa menjelaskan baha Es krim Remunggai dapat dikonsumsi dalam batas wajar agar tidak menyebabkan penambahan berat badan yang berlebihan dan komplikasi kesehatan lainnya yang dapat berdampak negative bagi kesehatan ibu dan kesehatan bayi seperti Diabetes gestasional yang dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi/pre-eklampsia.

Pihak Kelurahan Rawa Makmur menyambut baik kegiatan pengabdian yang telah dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Unihaz ini. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Mengajak masyarakat untuk menkonsumsi makanan sehat tidak mudah, namun dengan inovasi yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Unihaz ini, kami yakin sangat disukai masyarakat, karena rasanya enak dan membuatnya juga mudah. Semoga nanti di kelurahan Rawa Makmur tidak ada lagi stunting” ucap Lurah Keluarahan Rawa Makmur, M Yulian Mustofa.

Warga kelurahan Rawa Makmur Rina menyambut pelatihan dan sosialisasi ini dengan antusias.

“Rasa es krim nya sangat enak. Saya baru tahu kalau remunggai dapat diolah menjadi es krim yang sehat dan enak. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit. Saya akan buat nanti di rumah untuk anak-anak dan keluarga saya” ungkap Rina. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar