Muhammadiyah Komitmen Cerdaskan Kehidupan Bangsa

Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nasir

KBRN, Bengkulu : Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir yang hadir dalam Pelantikan Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) periode 2022-2026 pada Rabu (06/07/2022), percaya rektor yang baru akan membawa kampus Muhammadiyah ini menjadi pusat keunggulan.

Keunggulan merupakan nafas gerakan Muhammadiyah untuk selalu menghadirkan sesuatu yang terbaik termasuk dalam dunia pendidikan.

Menurut Haedar, Muhammadiyah akan terus hadir serta berkomitmen dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari misi dakwah dan tajdid dalam gerakannya.

“Kita akan terus berkiprah dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Ini amanat konstitusi untuk negara tetapi kita Muhammadiyah sebagai kekuatan masyarakat kekuatan bangsa tidak akan lelah untuk usaha mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Haedar.

Muhammadiyah dan seluruh pergerakan Islam telah melakukan langkah, terobosan, dan tonggak bagi kemajuan bangsa. Maka dari itu, Haedar mengajak agar tiada henti untuk terus berikhtiar agar lembaga pendidikan Muhammadiyah di Bengkulu ini menjadi pilar strategi mencerdaskan kehidupan bangsa, yang mampu mengkapitalisasi potensi sumber daya manusia.

“76 tahun kita sudah merdeka, masih banyak tantangan, banyak masalah di dunia pendidikan kita. Tingkat daya saing kita di antara negara-negara ASEAN masih rendah, di bawah Singapura dan Malaysia,” ujar pria kelahiran 25 Februari 1958 ini.

Selain itu, Haedar turut menyampaikan tentang negara ideal yang dicita-citakan Muhammadiyah yaitu negara yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Ada beberapa syarat agar sampai pada cita-cita ini salah satunya bangsa Indonesia harus lekat dengan pondasi dasarnya, baik yang bersifat ideologis maupun nilai yang hidup.

“Pancasila sudah menjadi kesepakatan nasional, bahkan Muhammadiyah memberi suatu pandangan bahwa Pancasila itu sebagai dar al-ahdi wa al-syahadah. Sejalan dengan Bung Karno yang bilang Pancasila sebagai philosofische grondslag,” kata Haedar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar