Orang Tua Wali Murid Menilai PPDB Zonasi Membingungkan

KBRN, Bengkulu: Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru – PPDB jalur zonasi tingkat SMP di Kota Bengkulu dinilai membingungkan orang tua wali murid yang akan mendafarkan anak-anak mereka di sekolah terdekat dari rumah.

Banyak orang tua wali murid, mempertanyakan penetapan radius zonasi sekolah yang terdapat dalam laman PPDB online yang disingkronkan dengan koordinat tempat tinggal yang justru tercatat melenceng jauh dengan jarak sekolah.

Hal ini diungkapkan Ketua DPRD Kota Bengkulu, Suprianto yang juga akan mendaftarkan anaknya di salah satu SMP di Pagar Dewa yang justru saat mendaftar lewat zonasi terlempar ke sekolah lainnya yang jaraknya lebih jauh dari tempat tinggal.

“Jadi banyak dari orang tua yang saat mendaftarkan anaknya ketika mencantumkan jarak ternyata di aplikasi meloncat jauh dari sekolah yang terdekat dari rumah,” ungkapnya.

Tidak hanya persoalan jarak rumah yang tidak bisa dipastikan dalam aplikasi, persoalan lainnya muncul ketika diduga banyak dari pendaftar luar zonasi yang menggunakan kartu keluarga menumpang, sehingga warga yang benar-benar tinggal di sekitaran sekolah justru tidak masuk dan terpaksa terlempar ke sekolah lainnya yang lebih jauh karena daya tampung sekolah sudah penuh.

Hal ini menurut Suprianto menjadi catatan khusus pihaknya dalam pelaksanaan PPDB yang diharapkan diperbaiki pada tahun berikutnya, sehingga selain megacu pada pendaftaran online, panitia PPDB juga melakukan pengecekan alamat tempat tinggal sebenarnya sehingga tidak merugikan warga sekitar zona sekolah. (Lns)   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar