H-1 PPDB Zonasi SMA, Banyak Siswa Ajukan Pembatalan

KBRN, Bengkulu: Penutupan Penerimaan Peserta Didik Baru – PPDB jalur zonasi tingkat SMA di Kota Bengkulu yang akan dilakukan secara online, akan dilakukan besok, Selasa (5/7/2022) pukul 00.00 WIB.

Hingga hari ini, Senin (4/7/2022) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu terpantau masih banyak siswa-siswi dan orang tua wali murid yang mendatangi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu untuk mengajukan pembatalan pendaftaran yang sudah dilakukan, baik melalui jalur zonasi maupun jalur prestasi.

Hal itu dilakukan karena kesalahan penentuan koordinat zona tempat tinggal, salah menentukan sekolah yang dipilih atau juga sudah diterima di sekolah tertentu dengan jalur prestasi, yang ternyata jaraknya lebih jauh dari tempat tinggal sehingga memilih untuk mendaftar kembali melalui jalur zonasi.

“Pengajuan pembatalan ini harus dilakukan siswa agar yang bersangkutan bisa mendaftarkan diri kembali di sekolah yang dipilih,” ungkap Ketua PPDB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Ronal.

Kendati hingga hari ini pelaksanaan PPDB tingkat SMA di Provinsi Bengkulu terpantau berjalan lancar tanpa kendala jaringan baik di Kota Bengkulu maupun Kabupaten lainnya se-Provinsi Bengkulu, namun diakui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat masih banyak masyarakat yang memilih sekolah di luar zonasi tempat tinggal dengan alasan sekolah favorit.

“Saat ini sekolah yang ada di Provinsi Bengkulu dari sisi kualitas sudah hampir merata secara keseluruhan, tinggal lagi manajemen sekolah untuk melakukan pengelolaan dengan baik dengan memaksimalkan seluruh potensi yang ada.” jelasnya.

Dengan daya tampung di masing-masing sekolah, dipastikan terdapat siswa yang akan terlempar dari sekolah pilihan, sehingga nantinya akan didistribusikan ke sekolah lainnya yang masih kekurangan siswa. Dipastikan dengan daya tampung yang ada di seluruh sekolah se-Provinsi Bengkulu, tidak ada siswa yang tidak mendapatkan sekolah, tandasnya. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar