DPRD : Puslitbang Kementan RI Buka Peluang Siswa dan Mahasiswa Magang

KBRN, Bengkulu : Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Kementerian Pertanian (Kementan) RI membuka peluang magang bagi siswa SMK dan mahasiswa yang menempuh pendidikan bidang pertanian, perkebunan, dan perkebunan.

Hal itu diketahui dari hasil Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu yang disampaikan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Irwan Eriadi, SE, M.Si, kepada sejumlah wartawan di Bengkulu via telpon seluler pada Selasa (21/6/2022).

Menurutnya, pembukaan peluang magang dari Puslitbang Kementan RI tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan daerah Bengkulu untuk meningkatkan Sumberdaya Manusia (SDM) sektor pertanian, perkebunan, dan juga peternakan. Apalagi Provinsi Bengkulu memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan ketiga sektor tersebut.

"Dibukanya peluang magang bagi pelajar dan mahasiswa yang menempuh pendidikan pada ketiga sektor, disampaikan langsung Kepala Puslitbang Kementan RI di Bogor, Bapak Ir. Syafaruddin, Ph.D. Dengan itu tinggal lagi bagaimana mengoneksikan agar pelajar dan mahasiswa daerah kita bisa magang disana," ungkap pria yang akrab disapa Edi Ramli ini.

Edi Ramli menyampaikan, peluang itu sangat bisa dimanfaatkan, karena di Provinsi Bengkulu juga memiliki SMK bidang pertanian dan perkebunan, ditambah lagi Perguruan Tinggi (PT) juga sudah banyak yang memiliki Fakultas Pertanian.

"Ini juga tetap membutuhkan dorongan dari Pemerintah Daerah (Pemda)," kata Anggota DPRD Provinsi dari dapil Kabupaten Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah ini.

Lebih lanjut ia menambahkan, Puslitbang Kementan RI di Bogor juga siap menerima jika ada pelajar SMK pertanian dan perkebunan ataupun mahasiswa Fakultas Pertanian di Bengkulu memiliki niat magang.

"Kita mendorong agar peluang ini dimanfaatkan, sehingga nantinya terbentuk SDM untuk ketiga sektor yang mumpuni," pungkas Edi Ramli. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar