SE Gubernur Bengkulu Pertegas Larangan Pungutan Di Sekolah

KBRN, Bintuhan : Gubernur Bengkulu mengelurkan Surat Edaran (SE) Nomor 420/2176/DIKBUD/2021 tentang Pelaksanaan Pembiayaan Pada Satuan Pendidikan SMA/SMK/SLB di Provinsi Bengkulu. 

SE bertanggal 24 Desember 2021 itu ditujukan kepada Kepala Sekolah tingkat menengah dibawah naungan Pemprov Bengkulu. 

SE itu dikeluarkan merujuk pada visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu dalam rangka meningkatkan akses pendidikan kepada seluruh masyarakat.

Terkait hal ini Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah 9 Bintuhan melaksanakan rapat bersama unsur terkait perihal Surat Edaran Gubernur l.

Rapat yang dihadiri Pengawas, Kepala Sekolah dan perwakilan Komite berlangsung di kantor Cabdin Wilayah 9 Bintuhan.

Kepala Cabdin Wilayah 9 Bintuhan Jayadi Ruslan mengatakan, rapat ini dilaksanakan setelah adanya surat edaran (SE) Gubernur Bengkulu sebagai penegasan dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 44 Tahun 2012. Dalam Pasal 9 Ayat 1 Serta Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 Pasal 12 huruf (a).

" SE Gubernur ini sebenarnya penegasan karena sebelumnya sudah ada Permendikbud namun indikasi kearah pungutan tersebut masih ada terjadi ," jelas Jayadi (26/01/2021).

Menurut Jayadi, pungutan itu berupa keputusan yang nominalnya tertera dan ada sanksi yang diberikan, ini menjadi hal tidak diperbolehkan.

Jayadi berharap hal ini tidak lagi terjadi. seandainya pun akan melibatkan pihak wali murid dalam pembiayaan, mekanismenya adalah sumbangan sukarela tanpa ada nominal yang ditentukan.

" Harapan saya ini bisa menjadi perhatian bagi pihak sekolah, mulai ajaran baru ini nanti tidak ada satupun lagi pungutan, sesuai dengan peraturan dan SE Gubernur," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar