Akademisi Perguruan Tinggi: Sertifikasi Guru Harus Disertai Peningkatan Kinerja

KBRN, Bengkulu: Akademisi Universitas Muhammadiyah Bengkulu Elfahmi Lubis menyebut kesejahteraan bagi para guru masih terlalu timpang, bagi para guru sertifikasi diakuinya sudah mendapatkan gaji dan uang tambahan yang cukup baik, namun bagi guru yang belum memiliki sertifikasi masih jauh dari baik, lebih parah lagi dialami oleh para guru honorer yang dibeberapa daerah dibayar dengan gaji rendah dan sangat tidak layak. 

Namun dibalik kesejahteraan yang didapat oleh para guru sertifikasi, ia menyebut banyak guru yang tidak mengajar optimal, padahal sudah mendapatkan gaji yang baik dari pemerintah. Dengan nada tegas ia mengatakan, seharusnya imbalan jasa yang didapatkan seiring dengan peningkatan kualitas guru dalam mengajar.

"seharusnya ketika kesejahteraan meningkat kinerja juga meningkat" Sebut Elafami kepada RRI (27/11/2021).

Disatu sisi guru honorer seolah menjadi guru serba bisa yang mengajar banyak mata pelajaran dan kerap diberi beban tambahan dari para guru yang lebih senior. 

Ia mengatakan menjadi rahasia publik bila guru honorer kerap diperlakukan kurang adil. Para guru honorer terpaksa melakukan tugas yang semestinya bukan tugasnya untuk dikerjakan demi tetap bertahan sebagai guru, meskipun dengan gaji sangat minim, namun memilki harapan dapat diangkat sebagai guru tetap. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar