Literasi Media Bagi Para Guru SD dan SMP Kota Bengkulu

KBRN, Bengkulu : Masyarakat sebagai pengguna media harus lebih kritis dalam memilih tontonan, sesuai dengan usia dan kebutuhan.  Ditengah banyaknya informasi, masyarakat harus pintar memilih dan memilah konten informasi yang didapatkan agar terhindar dari hal-hal negatif. Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Bengkulu Fonika Thoyib, saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Literasi Media bagi para guru dengan tema “Ragam Konten Penyiaran Digital, Guru Berdaya Dihadapan Media” pada Sabtu pagi (27/11/2021) di Hotel Nala Sea Side Bengkulu.

Kegiatan kali ini dikhususkan bagi para guru, karena guru adalah bagian sentral yang mempunyai peran strategis karena bisa memberikan literasi kepada anak didik. “Sebagai individu dan orang tua, guru juga mempunyai peran strategis untuk melakukan edukasi dan literasi kepada keluarga dan komunitas dilingkungannya”, ungkapnya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Literasi Media ini diikuti 50 orang guru, yaitu 25 guru SD dan 25 guru SMP yang ada di Kota Bengkulu. “Kami berharap ilmu yang didapat bisa disampaikan kepada anak didik dan keluarga masing-masing”, pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Bengkulu Sri Hartika, M.Si yang mewakili Kadis Kominfotik Provinsi Bengkulu menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh KPID Provinsi Bengkulu ini. Dalam sambutannya, Sri Hartika menyampaikan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan program literasi sekolah dan sebagai “Agent Of Change” dilingkungannya. “Guru adalah sosok yang dipanuti dan ditiru, yang dilihat dan didengar oleh anak- anak didiknya, sehingga menjadikan mereka ujung tombak dalam memahami isi pesan media”, ungkapnya.

Acara yang di pandu oleh Komisioner KPID Provinsi Bengkulu Ratimnuh, SH ini, menghadirkan 3 orang narasumber yaitu, Yuliandre Darwis, Ph.D Komisioner KPI Pusat, Sri Hartika, M.Si Sekretaris Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu dan Aminudin, S.Sos Subkoord Teknik Transmisi dan Multi Plexing TVRI Stasiun Bengkulu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar