ANBK, Sekolah Mengharapkan Dapat Nilai Terbaik

KBRN, Bengkulu: Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SMA se-Provinsi Bengkulu sesuai jadwal mulai diselenggarakan hari ini, Senin (27/9) yang dibagi dalam dua tahapan yakni Pertama di tanggal 27 – 28 September sementara tahap kedua tanggal 29 – 30 September.

Dari pantauan RRI di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 5 Kota Bengkulu, persiapan ANBK sedang dilakukan karena sekolah tersebut melaksanakan di tahap kedua pada hari Rabu dan Kamis.

Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Kota Bengkulu, Bermansyah menyampaikan untuk persiapan itu pihaknya sudah memberikan pembekalan materi kepada siswa yang menjadi peserta termasuk pengarahan mengingat penilaian ANBK merupakan penilaian yang dilakukan untuk melihat mutu sekolah secara keseluruhan dengan objek penilaian Siswa, Guru dan Kepala Sekolah.

"Kita sudah mengumpulkan seluruh siswa yang menjadi peserta ANBK, ada 45 orang dan 5 orang cadangan. Kita sudah memberikan pengarahan dan materi sehingga diharapkan nanti siswa mengerjakan dengan baik dan serius, karena nilai ANBK ini menjadi penilaian terhadap mutu sekolah." ungkap Bermansyah. 

Pihaknya berharap dari penilaian itu tetap menggambarkan kualitas SMA Negeri 5 Kota Bengkulu menjadi sekolah terbaik dan terfavorit yang selama ini sudah diraih di tingkat Provinsi Bengkulu.

Demikian di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Persiapan ANBK juga sudah mencapai 90 persen baik dari kondisi kesiapan Siswa, Guru, Kepala Sekolah dan sarana penunjang lainnya sehingga diharapkan nantinya pada hari H pelaksanaan semua berjalan dengan lancar.

Dari hasil simulasi ANBK pada pertengahan September lalu, menurut Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Kota Bengkulu Bidang Kurikulum, Mut Marsudi hasil evaluasi terkait penilaian mutu dan kualitas pendidikan dan tenaga pendidik di sekolah itu sesuai dengan prediksi, menunjukkan sekolah tersebut memiliki kualitas yang baik dan bersaing dengan sekolah berprestasi di Provinsi Bengkulu.

"Kita harapkan nanti hasil ANBK di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu ini sesuai harapan, karena memang ANBK disamping menilai mutu sekolah dari sisi lingkungan belajar yang dinilai dari sisi Guru dan Kepala Sekolah, juga literasi dan numerasi dari sisi Siswa. Jadi semoga nanti penilaiannya memuaskan untuk SMA Negeri 2," ujar Mut Marsudi.  

Untuk Kota Bengkulu ANBK diselenggarakan di 31 sekolah negeri dan swasta yang dibagi dalam dua tahapan. Pertama tanggal 27 – 28 September dengan 12 sekolah, sementara tahap kedua tanggal 29 – 30 September dengan 19 sekolah.

Sebelumnya, sekolah-sekolah tersebut sudah melaksanakan simulasi untuk memberikan gambaran soal dan cara pengerjaan serta kesiapan sarana prasarana penunjang lainnya. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00