Tim Asesor Akan Melakukan Visitasi Akreditasi Sekolah/Madrasah

KBRN, Bengkulu: Asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) Provinsi Bengkulu,  Jhon Hendri mengungkapkan dalam waktu dekat tim asesor se-provinsi Bengkulu mulai melakukan visitasi akreditasi Sekolah/Madrasah.

Dijelaskannya, untuk tahun 2021 Bengkulu mendapat kuota akreditasi sebanyak 82 Sekolah/Madrasah. Untuk kebutuhan tersebut, dijadwalkan  pada pertengahan Agustus 2021 ini seluruh asesor  akan melakukan verifikasi dan klarifikasi isian instrumen akreditasi, data dan informasi pendukung serta observasi terhadap kondisi objektif sekolah.

“Proses visitasi ini akan membutuhkan waktu 2 sampai 3 hari, hanya saja  dimasa pandemi ini kita masih menunggu petunjuk dari pusat untuk melakukan visitasi, apakah bisa dilakukan secara luring atau diganti melalui daring.” ujarnya, Senin (2/8/2021)

Jika visitasi dilakukan secara daring, dikatakan Jhon Hendri akan menjadi kendala terlebih pada sekolah yang belum terakreditasi sama sekali, karena  tim asesor  akan melihat sejauh mana perkembangan Sekolah/Madrasah dalam sarana prasarana, tenaga kependidikan, kurikulum, kegiatan dan hubungannya dengan masyarakat dan hal lainnya untuk menentukan nilai akreditasi.

“Sekarang ini penilaian akreditasi dari sisi sarana prasarana cukup tinggi mencapai  point 61, jika  hasil penilaian sekoah berada dibawah angka tersebut maka tidak dapat diakreditasi.” jelas Jhon Hendri.

Kendati demikian ketika ditanyakan sekolah mana saja yang akan menjadi sasaran akreditasi , dirinya belum mau membeberkan, namun dikatakannya  program tersebut akan diprioritaskan bagi sekolah yang baru mengajukan akreditasi. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00