FOKUS: #PEMBELAJARAN ERA PANDEMI

PPKM Level IV Berakhir, Pembelajaran Masih Daring

KBRN, Bengkulu: Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV di Kota Bengkulu yang berlangsung dari tanggal 27 Juli 2021 lalu, per tanggal 2 Agustus 2021 ini berakhir. 

Kendati demikian, proses pembelajaran yang selama ini berjalan secara daring (dalam jaringan) di tingkat sekolah-sekolah tetap akan dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan. 

“Memang kita ketahui pada saat ini, PPKM Level IV di Kota Bengkulu berakhir hari ini (2/8/2021). Namun untuk perpanjangan belum diterima, namun untuk pembelajaran sesuai instruksi Pimpinan tetap dilaksanakan secara daring sampai dengan waktu yang belum ditentukan karena kondisi Covid 19 di daerah masih tinggi.” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Syahjudin Burhan, Senin (2/8/2021).

Kendati pihak sekolah dalam hal ini Kepala Sekolah tingkat SMA, SMK sederajat sudah mempertanyakan aturan lanjutan pasca berakhirnya PPKM Level IV di Kota Bengkulu, menurutnya, dari hasil koordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat, proses pembelajaran masih tetap dilakukan secara daring.  Hal itu dilakukan dengan mengacu pada perkembangan kasus Covid 19 di Provinsi Bengkulu yang masih tinggi, bahkan pergerakan tingkat kritisnya belum bisa dipastikan baik di tingkat Kota maupun Kabupaten di Provinsi Bengkulu. 

“Kalau dari pantauan perkembangan Covid 19, dalam beberapa hari terakhir masih berfluktuasi. Sebelumnya zona merah di Bengkulu Selatan, kemudian bergeser ke Bengkulu Utara, kemudian ke Kabupaten Lebong. Jadi belum bisa dikatakan terjadi penurunan, apalagi untuk Level Covid di Bengkulu belum ada perubahan dari level sebelumnya,” tambah Syahjudin Burhan.

Pihaknya juga tidak ingin terburu-buru mencabut kebijakan pembelajaran daring yang diberlakukan selama PPKM, karena tidak menginginkan terjadi peningkatan cluster baru penyebaran Covid 19. 

Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu masih menunggu aturan lanjutan dari Gubernur Bengkulu menyikapi kondisi terkini di daerah. 

Kebijakan serupa juga dilakukan di tingkat Kota Bengkulu, yang masih memberlakukan pembelajaran daring sampai adanya aturan baru dari Walikota Bengkulu terkait antisipasi penyebaran Covid 19 dan upaya menekan angka penularan.

“Kami masih menunggu aturan dari Walikota Bengkulu, untuk sementara sembari menunggu pelaksanaan pembelajaran masih dilakukan secara daring.” jelas PLT. Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu. Zainal Azmi. (Lns)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00