50 Ribu Pelajar se Bengkulu Ditargetkan Dapat Beasiswa PIP

KBRN, Bengkulu : Sebanyak 50 ribu pelajar mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK se Provinsi Bengkulu ditargetkan, mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) tahun 2021.

Pernyataan itu diungkapkan Anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Dewi Coryati, ketika ditanya kelanjutan beasiswa PIP yang berasal dari aspirasinya ke Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendibud) RI.

Menurut Dewi, sejak 6 tahun terakhir, sudah sebanyak 150 ribu pelajar se Provinsi Bengkulu yang menerima beasiswa PIP. Apalagi target 50 ribu pelajar pada tahun ini, tentu akan diperjuangkanny kembali agar mendapatkan. Mengingat untuk proses pendaftaran atau penyaringan calon penerima beasiswa PIP sudah dimulai.

“Dalam bulan ini ditargetkan pendaftaranya bisa selesai, sehingga bulan Mei ataupun Juni, beasiswa PIP sudah cair,” kata Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Provinsi Bengkulu ini pada Sabtu, (17/4/2021).

Politisi perempuan PAN ini juga menyampaikan, jika mengacu pada jumlah penerima tahun lalu sebanyak 45 ribu pelajar, pada tahun ini hanya naik 5 ribu penerima.

Sedangkan untuk syarat penerima, pelajar yang membutuhkan, dari keluarga yang kurang mampu, fakir miskin, dan orang tua siswa yang terdampak pandemi Covid 19.

“Untuk penerima sendiri memang tetap harus mengikuti peraturan yang berlaku, diantaranya mendapatkan persetujuan pihak sekolah,” ujar Dewi.

Lebih lanjut ia mengharapkan, bagi pelajar yang akan menerima beasiswa PIP nantinya, agar dapat dimanfaatkan untuk keperluan sekolah, seperti, membeli seragam dan perlengkapan sekolah.

“Kita dari Komisi X DPR RI akan mempertanyakan kepada orang tua/wali bersama siswa penerima beasiswa PIP, dengan mendatangi sekolah-sekolah dan melakukan pertemuan dibelikan untuk apa beasiswa yang diperoleh nantinya,” demikian Dewi Coryati.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00