Momen Haornas 2020, Titik Awal Capai Kejayaan Olahraga Indonesia

KBRN, Bengkulu : Tahun 1983, memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat viral sejak Presiden Soeharto menetapkan tanggal 9 September, sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Hj. Riri Damayanti John Latief mengatakan, pandemi Covid-19 telah membuat usaha memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat tersendat.

Bahkan bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia, banyak kompetisi olahraga harus berhenti total, sampai pandemi ini berakhir. Begitu juga denan Olimpiade yang harusnya tahun ini, juga harus ditunda tahun depan. Mengingat ini memang keadaan yang sulit.

Hanya saja, alumni psikologi Universitas Indonesia ini optimis Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah berusaha melakukan yang terbaik untuk menjaga agar prestasi Indonesia, daya saingnya, kompetisinya, peringkatnya, rekornya, penghargaannya, pembibitannya, pembinaannya dan pengembangannya, dan lain-lain tetap terjaga dan meningkat.

"Melalui momen Haornas 2020 ini mari berdoa agar kejayaan olahraga Indonesia dapat terwujud. Semoga pengelolaan olahraga Indonesia senantiasa menyehatkan kehidupan bangsa dan memakmurkan para atlet-atletnya," harap Riri Damayanti pada Rabu (9/9/2020).

Selain itu Senator Bengkulu ini menjelaskan, tantangan terbesar dunia olahraga adalah, bagaimana memajukannya sebagai gaya hidup sehat masyarakat, sehingga di tengah-tengah masyarakat tumbuh subur budaya hidup sportif, bugar dan sehat.

“Di Bengkulu bahkan event-event olahraga efektif menghasilkan pendapatan ketika dikemas dalam bentuk wisata olahraga atau sport tourism. Ini bukti bahwa olahraga juga bisa menjadi alat untuk mencapai kesejahteraan," demikian Riri.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali telah menetapkan sports science sebagai tema besar peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 yang puncaknya diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Tema ini di nilai unik karena sangat berbeda dari tema-tema pada tahun-tahun sebelumnya berupa slogan untuk memberikan semangat umum pada aksi partisipasi khalayak, seperti “Olahraga Menyatukan Kita” pada tahun 2017, “Ayo Olahraga Bangun Indonesia” tahun 2018, dan “Ayo Olahraga, di Mana Saja Kapan Saja” tahun 2019.

Dalam sebuah pernyataan, Menpora Zainudin Amali menyinggung 3 sektor menjelang peringatan Haornas 2020 ini yakni sport science, sport industry, dan sport tourism karena keinginannya supaya peringatan ini dimaknai sebagai kebangkitan olahraga Indonesia di tiga sektor tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00