Jelang Popda dan Porprov 2020, Dispora Kota Minta Gojukai Siapkan Diri

BENGKULU, KBRN: Kepala Bidang Prestasi Olahraga Dispora Kota Bengkulu DR. Ruslili, M.Pd meminta Pengda Provinsi Gojukai Bengkulu agar mempersiapkan karatekanya dengan baik. Sebab di tahun 2020 bakal ada dua even olahraga yang akan diselenggarakan di Bengkulu, yakni Pekan Olahraga Daerah dan Pekan Olahraga Provinsi Bengkulu.

"Waktu pelaksanaannya kemungkinan setelah lebaran. Untuk Porprov masih akan dipertimbangkan tuan rumahnya apakah di Rejang Lebong atau di Kota Bengkulu," kata Ruslili dalam sambutannya di kegiatan ujian kenaikan kyu Pengda Provinsi Gojukai Bengkulu yang dipusatkan di Kelurahan Pagar Dewa, Minggu (01/12).

Ruslili yang hadir mewakili Kepala Dispora Kota Bengkulu mengatakan, olahraga karate merupakan salah satu bentuk pembinaan generasi muda. Selain kesehatan jasmani dan rohani, olahraga karate juga bisa memberi bekal bagi anak-anak yang ikut serta.

"Sebagai bekal untuk menjaga diri. Minimal dirinya sendiri. Sebab kita ketahui perkembangan masyarakat dewasa ini sungguh dinamis. Jadi dengan berolahraga kita harapkan anak-anak juga tidak terlibat dalam hal-hal negatif. Olahraga itu salah satu aktivitas yang positif," kata Ruslili.

Ujian kenaikan dan penurunan tingkat yang diselenggarakan Pengda Provinsi Gojukai Bengkulu diikuti ratusan karateka-nya. Mulai dari pemegang sabuk putih, kuning, hijau, biru, hingga coklat.

Ketua Harian Pengda Gojukai Bengkulu Hamdan Siregar menjelaskan, tahun ini ada 147 orang peserta ujian. Masing-masing untuk naik sabuk dari putih ke kuning, kuning ke hijau, hijau ke biru, dan biru ke coklat.

"Kalau coklat ke hitam itu wewenangnya pusat. Jadi kami di daerah hanya batas coklat," jelas Hamdan. Hamdan menambahkan, ujian kenaikan atau penurunan tingkat ini biasanya digelar per semester.

Pada kesempatan itu Hamdan juga memaparkan sejumlah prestasi yang sudah dicapai Gojukai Bengkulu. Mulai tingkat daerah, nasional dan terakhir internasional.

"Kalau untuk tingkat daerah, alhamdulilah Gojukai sering juara umum. Baik Cendana Cup, Piala Gubernur, dan lainnya. Untuk Kejurnas baru-baru ini Bengkulu bisa masuk enam besar dari 33 provinsi. Dan yang terbaru pada September lalu atlet kita juga ikut kejuaraan Asia-Pasifik dan meraih juara tiga," paparnya.

Meski sudah banyak mencatatkan prestasi, Hamdan mengingatkan agar karateka Gojukai Bengkulu tidak jumawa atau sombong. Sebaliknya, ia meminta mereka untuk tetap disiplin berlatih, berlatih dan berlatih.

"Yang akan ikut ujian hari ini juga agar mengikutinya dengan sebaik-baiknya," ujar Hamdan lalu membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00