Bengkulu Target Tuan Rumah Kejurnas Renang di 2023

BENGKULU, KBRN: Pengurus Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Provinsi Bengkulu menargetkan bisa menyelenggarakan even berskala nasional di tahun 2023. Target itu menyusul antusiasme peserta yang mengikuti kejuaraan renang tingkat regional yang sedang berlangsung saat ini yang diikuti ratusan peserta. 

Sekretaris PRSI Provinsi Bengkulu Isratul Hadi kepada RRI, Jumat (24/6) pagi menyampaikan Bengkulu hanya tinggal melengkapi sarana dan prasarana saja agar layak menggelar even berskala nasional. Untuk kesiapan lain seperti teknis dan official, Bengkulu sudah siap. 

"Alhamdulillah ini mendapat dukungan bapak Gubernur dan ketua umum PRSI Bengkulu komitmen bagi kemajuan renang Bengkulu," katanya. 

Dalam kejuaraan renang yang tengah berlangsung saat ini, tercatat ada 46 klub yang ambil bagian. Padahal panitia hanya menargetkan 32 klub. 

"Untuk nomor, kami target 1000 yang daftar malah mencapai 1623 nomor yang akan diperlombakan. Peserta atau atlet yang kita target 350 an yang ikut malah membludak mencapai 501 orang," ujar Isratul Hadi

Dikatakannya, kelas atau nomor renang yang diperlombakan terbagi dalam lima kelompok umur. Mereka memperebutkan 126 set atau 372 keping medali. 

"Selain medali, ada juga trophy bagi klub terbaik dari Kemenpora. Ada uang pembinaan satu juta bagi atlet yang dapat medali dan plakat swim terbaik bagi lima perenang putra dan lima putri," sebutnya.

Latihan Tiap Hari

Aly Vacansa, perenang asal klub Gunung Sport Center Padang, Sumbar, kepada RRI mengatakan dirinya sendiri turun di kelompok umur I (KU1 16 tahun) di sembilan nomor yang dipertandingkan dalam even regional ini. Di antaranya, 50 meter kupu, 100 meter kupu, 100 meter punggung, 200 meter punggung, gaya ganti, bebas 50 meter dan bebas 100 meter.

Aly yang sudah meraih emas di nomor pertama yang ia ikuti berharap bisa mendulang emas di sisa nomor yang akan ia ikuti. "Kalau pola latihan, berlatih setiap hari," ujar Aly yang mengaku baru kali ini ikut kejuaraan tingkat regional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar