Cabor Bulu Tangkis Bengkulu Tumbuh Pesat

BENGKULU, KBRN: Cabang olahraga populer di Indonesia, yakni bulu tangkis, kini tumbuh pesat di Bengkulu, khususnya di Kota Bengkulu. Salah satu indikatornya adalah pertambahan jumlah klub dari semula hanya lima yang kini sudah menjadi 11 klub.

Ketua Harian Pengcab PBSI Kota Bengkulu Joni Ardi kepada RRI mengatakan, perkembangan maju bulu tangkis Bengkulu itu mulai terasa sejak tahun lalu. Ia menyebut potensi atlet bulu tangkis Bengkulu cukup banyak. Baik putra maupun putri.

Menurut dia, salah satu faktor yang mendorong perkembangan bulu tangkis di Bengkulu adalah gelaran pertandingan yang rutin setiap tahunnya. Baik untuk kelompok umur, pemula, taruna, dewasa hingga veteran.

Ia menjelaskan, even bagi kelompok umur misalnya bertujuan untuk menjaring atlet berpotensi sehingga bisa dibina secara berkelanjutan, baik oleh PBSI Kota maupun oleh Pengprov PBSI Bengkulu.

Salah satu progam pembinaan yang tengah dilaksanakan oleh PBSI Provinsi Bengkulu, kata Joni Ardi, adalah mengirim atlet Bengkulu ke luar daerah. "Ada lima atlet bulutangkis Bengkulu yang akan dikirim sekolah di Bandung dan Surabaya oleh Pengprov PBSI," ujar Joni Ardi.

Joni Ardi menambahkan, pola pembinaan atlet bulu tangkis saat ini memang sudah terprogram. Bahkan jika atlet sudah berusia enam tahun, maka wajib terdaftar dalam data base PBSI Pusat. Jika tak masuk daftar yang disebut SI, maka atlet tidak bisa turun bermain.

"Setiap pemain mulai umur 6 tahun harus didaftarkan ke data base PBPBSI Pusat sehingga bisa ikut turnamen. Kalau tidak terdaftar tidak bisa main, walaupun cuma di tingkat Kota," kata Joni Ardi.

Joni Ardi berharap dengan terus ada even dan pembinaan yang tak terputus, atlet bulu tangkis Bengkulu bisa berbicara di tingkat yang lebih tinggi. Tak hanya di level regional, tapi juga nasional.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar