Ikuti 6 Cabor, KONI Siap Dampingi Persiapan Atlet PORWANAS

BENGKULU, KBRN:  Ketua Harian KONI Provinsi Bengkulu Dadang Mishal mendukung rencana SIWO PWI Provinsi Bengkulu yang akan berpartisipasi dalam ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional atau PORWANAS di Malang dan Surabaya pada Oktober 2022 mendatang. KONI Bengkulu, kata Dadang, siap memberikan dukungan tenaga agar calon atlet PORWANAS bisa mempersiapkan diri dengan baik.

"Mungkin nanti akan kita coba bikin pertandingan uji coba. Misalnya cabor catur dan bilyar. Ini sebagai bentuk pembinaan. Termasuk juga kita bisa dukung dengan juri atau panitia yang sudah biasa dalam pagelaran even lokal maupun nasional. Sifatnya kita siap bantu tenaga," kata Dadang. 

Lebih jauh, Dadang sendiri menilai memang ada beberapa cabang olahraga yang bisa menjadi pilihan untuk program pembinaan jangka panjang, yakni olahraga yang sesuai dengan profesi wartawan yang lebih banyak mengandalkan pikiran ketimbang fisik.

"Untuk atlet, SIWO sendiri tentunya mengedepankan dari kalangan wartawan sendiri. Kalau untuk atlet KONI kan memang ada kriterianya. Tapi dari beberapa cabor yang dipertandingkan dalam PORWANAS, saya kira ada beberapa cabor yang berpotensi untuk pembinaan jangka panjang," ujarnya.

"Misalnya catur, bridge atau bilyar. Olahraga ini kan lebih banyak olah pikir, bukan ke fisik. Saya kira cabor ini potensi untuk dibina bagi kalangan wartawan yang mau menjadi atlet. Mungkin nanti kita bisa coba gelar uji tanding bersama induk cabang olahraganya," tambah Dadang.

Enam Cabor

Seksi Wartawan Olahraga atau SIWO PWI Provinsi Bengkulu memastikan hanya enam dari 10 cabang olahraga yang akan diikuti oleh delegasi wartawan Bengkulu di Pekan Olahraga Wartawan Nasional atau Porwanas 2022 di Malang, Jawa Timur yang direncanakan pada November mendatang.

Keenam cabor itu adalah futsal, atletik, tenis meja, catur, bilyar, dan bulu tangkis.

Sekretaris Jendral SIWO Provinsi PWI Bengkulu Suherdi Marabilie kepada RRI mengatakan, kepastian itu berdasarkan hasil keputusan rapat yang baru saja dilaksanakan di Kantor PWI Provinsi Bengkulu, Senin (06/06) siang.

"Kita juga sudah menetapkan masing-masing penanggungjawab untuk melakukan seleksi terhadap wartawan yang berpotensi mengikuti cabor tersebut. Dan ini juga akan kita sampaikan secara terbuka ke PWI Kabupaten/Kota," ujar Suherdi.

Terkait syarat yang harus dipenuhi calon peserta/atlet, Suherdi mengaku belum ada petunjuk final dari panitia pusat. Namun berkaca kepada penyelenggaraan Porwanas sebelumnya, panitia biasanya menetapkan syarat administrasi dan teknis.

"Kalau tahun lalu ada syarat kartu PWI dan UKW. Biasanya memang ada syarat adiminstratif yang ditetapkan panitia pusat. Tapi berapa persentase syarat adiminstrasi yang harus dipenuhi, itu yang belum final dari pusat," ujar dia.

Proses seleksi sendiri, kata Suherdi, akan dilakukan selama sekitar satu bulan. Penanggungjawab masing-masing cabor yang diberangkatkan diberikan ruang untuk melakukan seleksi awal. Sementara untuk pemusatan latihan akan disesuaikan dengan ketersediaan anggaran.

"Setelah ada hasilnya, nanti secara khusus, siapa-siapa yang akan diberangkatkan ditetapkan dalam satu surat keputusan Ketua PWI Provinsi Bengkulu," imbuhnya.

Menurut Suherdi, pelibatan peran KONI atau pelatih sesuai dengan cabor yang akan diikuti juga akan dipertimbangkan supaya mereka yang ikut serta nantinya benar-benar seorang atlet yang siap bertanding.

"Karena ini baru rapat awal, nanti kita minta lah penanggungjawab cabornya mengusulkan seperti apa skenarionya. Apakah perlu pelatih khusus atau bagaimana. Yang jelas kita berikan otoritas yang luas kepada penjabnya supaya yang kita berangkatkan nanti siap tanding," tandasnya.

Sudah Mulai Latihan

Koordinator Cabor Futsal Iwan Supratman mengatakan, untuk cabor futsal sendiri sudah ada koordinasi dengan Ketua Pengprov Futsal Provinsi Bengkulu M Gustiadi alias Edi Tiger.

Sementara untuk persiapan rekrutmen atlet, sudah dilakukan pertandingan pemanasan antara pengurus dan anggota SIWO PWI Provinsi dengan SIWO PWI Kabupaten.

"Jadi kepada kawan-kawan wartawan yang mau latihan silakan datang. Hasil akhir siapa nanti yang akan diberangkatkan silakan nanti pleno SIWO PWI yang memutuskan," kata Iwan sembari menegaskan tak ada unsur KKN dalam proses seleksi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar