Tips Mengatasi Rasa Malas Berolahraga setelah Mudik Lebaran

KBRN, Bengkulu : Setelah lebaran, tidak heran jika suasana liburan panjang masih begitu terasa.

Wajar jika kamu masih ingin bersantai atau beristirahat setelah melakukan perjalanan mudik yang panjang dan sangat melelahkan.

Sayangnya, terlalu lama bersantai atau beristirahat justru dapat membuat kamu menjadi malas berolahraga.

Jangan sampai kamu menjadi malas untuk berolahraga setelah menikmati libur lebaran yang panjang. Begini cara mengatasi rasa malas olahraga yang bisa kamu lakukan untuk bisa kembali aktif secara fisik :

Mulai dari Olahraga Ringan

Memang benar, tidak mudah untuk memulai kembali kebiasaan yang sempat terhenti lama. Termasuk kembali berolahraga setelah libur lebaran. Namun, kamu bisa mengawalinya dengan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau bersepeda. Jika mulanya kamu berjalan kaki setiap hari selama 30 menit, mulailah dari 10 menit setiap dua hari sekali.

Begitu juga untuk jenis olahraga lain. Kamu bisa menurunkan intensitas dan durasinya terlebih dahulu. Bisa juga memulai olahraga lainnya yang bisa membuat kamu termotivasi, seperti berenang. 

Fokus kepada Diri Sendiri

Supaya bisa memulai aktif kembali secara fisik, fokuslah pada dirimu sendiri terlebih dahulu. Selalu melihat orang lain membuat kamu menjadi tidak semangat untuk berolahraga, terlebih jika kamu terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Berusahalah untuk selalu positif setiap kali kamu berolahraga supaya suasana hati tetap senang. 

Jadikan sebagai Rutinitas

Guna membuat olahraga menjadi satu kebiasaan yang baik, kamu tentu harus menjadikan aktivitas fisik ini kebiasaan atau rutinitas harian, seperti halnya dengan tidur, makan, mandi, atau bahkan bekerja. Sempatkan berolahraga meski hanya beberapa menit setiap hari. Sesuaikan saja dengan jadwal keseharian kamu. 

Tentukan Target

Ingin termotivasi ketika berolahraga? Mulai dengan menentukan target yang ingin kamu capai.

Misalnya, kamu ingin menurunkan berat badan kembali ke angka ideal setelah sebelumnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Selanjutnya, tetap jenis olahraga, intensitas, dan durasinya, serta berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mencapainya. 

Barengi dengan Musik

Musik bisa menjadi teman terbaik dan membantu kamu mendapatkan kembali semangatmu untuk beraktivitas. Apabila kamu sedang mencari semangat untuk aktif berolahraga kembali, tidak ada salahnya kamu coba sambil mendengarkan musik. Pilih musik dengan nada yang sedikit energik untuk menambah semangat, sehingga olahraga pun jadi lebih menyenangkan.

Beri Jeda Waktu

Tak perlu memaksakan diri, karena tubuh kamu juga perlu adaptasi. Berikan jeda waktu, misalnya kamu berolahraga sebanyak dua kali dalam satu minggu. Atau, kamu juga bisa memberikan jeda olahraga setiap dua hari sekali. Jika tubuh sudah mampu beradaptasi, kamu bisa mulai menambah durasi dan waktu latihan. Jika memang memungkinkan, ajaklah teman untuk berolahraga.

Melakukan olahraga bersama bisa membuat aktivitas ini menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Jangan lupa, selalu rutin lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, sehingga setiap masalah kesehatan yang kamu alami bisa terdeteksi lebih dini. 

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar