Masyarakat Sangat Rasakan Manfaat Program TMMD

KBRN, Seluma : Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-110 TA 2021 untuk wilayah Korem 041/Gamas, digelar di wilayah Kodim 0425/Seluma.

TMMD ke-110 dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, untuk pembukaannya telah dilaksanakan berbeda dari sebelumnya pada Selasa, (2/3/2021) lalu oleh Wakil Bupati Seluma Drs. Gustianto secara virtual, karena pandemi Covid 19 yang belum berakhir.

Kepala Penerangan Korem 041/Gamas (Kapenrem 041/Gamas), Mayor Cpm Maukar Lumban Raja, S.H mengatakan bahwa, untuk TMMD Ke-110 Kodim 0425/Seluma dilaksanakan selama 1 bulan, dengan berakhir pada tanggal 31 Maret 2021 mendatang, yang dipusatkan di Desa Air Kemuning Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma.

TMMD kali ini melibatkan sebanyak 210 orang personel, terdiri dari anggota TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten Seluma dan masyarakat setempat.

“Untuk pelaksanaan kegiatan TMMD ke-110 ini, memiliki dua sasaran yaitu sasaran fisik dan non fisik. Untuk sasaran fisik meliputi, kegiatan pembukaan badan jalan sepanjang 2.000 megter, bedah rumah sebanyak 5 unit, pembangunan gorong-gorong sebanyak 6 titik dan perehaban masjid sebanyak 1 unit. Sedangkan sasaran non fisik meliputi,  penyuluhan bela negara, hukum, narkoba, pertanian, wawasan kebangsaan (Wasbang), KB Kesehatan, pemberdayaan masyarakat, bahaya karhutla serta sosialisasi stunting, Posyandu dan Posbindu PTM,” jelasnya pada Sabtu, (14/3/2021).

Kapenrem 041/Gamas juga mengatakan, bahwa tujuan di gelarnya program TMMD ke-110 ini, selain untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, juga untuk membantu Pemerintah Daerah dalam pembangunan insfrastruktur, serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat setempat.

“Dengan adanya kegiatan TMMD Ke-110 yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0425/Seluma ini, benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di wilayah Kabuparen Seluma, khususnya di Desa Air Kemuning,” harap Kapenrem 041/Gamas beserta anggota Penrem yang mendatangi dan meliput rumah salah satu warga yang mendapatkan bantuan, Ibu Farida (usia 46 tahun) yang juga merupakan seorang janda.

Sementara itu, Ibu Farida yang pasif berbahasa Indonesia menjelaskan, bahwa sebelum adanya Satgas TMMD di Desa Air Kemuning, rumahnya masih terbuat dari kayu, namun setelah adanya bantuan bedah rumah yang dilaksanakan Satgas TMMD, berubah menjadi rumah dari Beton.

“Saya ucapan terimakasih kepada anggota Satgas TMMD, Pemda Kabupaten Seluma, Danrem Bengkulu dan Dandim Seluma atas bantuan bedah rumah yang diberikan, sehingga rumah yang dulu terbuat dari kayu dan setelah adanya bedah rumah ini menjadi bagus, walaupun masih dalam proses pengerjaan,” ucapnya.

Senada dengan itu, Kepala Desa Air Kemuning Ediriansah merasa sangat senang dengan adanya kegiatan Satgas TMMD di Desa Air Kemuning, sembari juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota Satgas TMMD, Pemkab Seluma, Danrem Bengkulu dan Dandim Seluma atas bantuan rehab rumah yang diberikan kepada Ibu Farida. (rls)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00