Danrem 041/Gamas : Karya Bakti TNI Untuk Bangun Daerah dan Sejahterakan Rakyat

KBRN, Bengkulu Selatan : Komandan Korem 041/Gamas Brigjen TNI Yanuar Adil bersama Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah telah meresmikan Karya Bhakti TNI, berupa kegiatan penguatan gotong royong kemasyarakatan dalam rangka perbaikan jalan penghubung dari Kecamatan Air Nipis dengan Kecamatan Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan, bertempat di Desa Suka Rami Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan pada Senin, (25/1/2021).

Pelaksanaan karya bhakti TNI tersebut, berdasarkan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Korem 041/Gamas Nomor : 410/656/KESBANGPOL/2020 dan Nomor : B/1315/XI/2020 tentang Penguatan Gotong Royong Kemasyarakatan dan Karya Bhakti TNI di Provinsi Bengkulu, tertanggal 17 November 2020, dengan sasaran pembuatan badan jalan sepanjang 120 meter lebar 8 meter, pemasangan bronjong panjang 100 meter, tinggi 12 meter dan pembuatan siring gali sepanjang 120 Meter dan lebar 50 Cm.

Pada kesempatan tersebut, Tokoh Masyarakat yang diwakili Aswan Hadi mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan TNI khususnya Korem 041/Gamas, atas program Karya Bhakti TNI yang telah terlaksana. Mengingat pembangunan jalan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat Desa Suka Rami Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Bengkulu Selatan yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Bengkulu Selatan, juga mengucapkan terimakasih serta apresiasi kepada Gubernur Bengkulu dan Danrem 041/Gamas, serta semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan Karya Bhakti TNI, sehingga pemasangan bronjong dapat berjalan dengan baik. Apalagi pemasangan bronjong ini telah memulihkan transportasi antara Air Nipis dan Kedurang, karena jalur dua kecamatan ini merupakan jalan produksi yang sangat strategis, serta akan berdampak pada kelanjutan perekonomian masyarakat dan kelancaran pendapatan fasilitas umum.

Dikesempatan itu juga, Danrem 041/Gamas mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan karya bhakti TNI Korem 041/Gamas tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan dan membantu Pemerintah Daerah dalam membangun di wilayah daerah.

"Dengan keberhasilan pelaksanaan karya bhakti TNI ini, kita semua merasa bangga, namun kita perlu mewaspadai karena saat sekarang ini, banyak saudara-saudara kita di daerah lain yang lagi mengalami kemalangan karena bencana alam, seperti, di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan. Untuk itu kita perlu memperhatikan ekosistem alam guna tidak merusaknya, sehingga bisa mencegah terjadinya bencana alam, diantaranya banjir dan tanah longsor, serta diharapkan masyarakat juga harus ikut berperan dalam mencegah terjadinya bencana alam. Disamping itu, kita perlu juga adanya nitigasi bencana atau pencegahan bencana, karena wilayah Provinsi Bengkulu ini, merupakan patahan-patahan lempengan bumi yang merupakan daerah rawan gempa bumi," paparnya.

Mengakhiri sambutannya, Danrem mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terlaksananya kegiatan Karya Bhakti TNI Korem 041/Gamas serta memohon maaf apabila ada anggota TNI yang dalam bersosialisasi selama pelaksanaan karya bhakti TNI, kurang baik.

Selain itu, Gubernur Bengkulu juga menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Danrem 041/Gamas terkait pelaksanaan karya bhakti TNI, dalam rangka perbaikan jalan penghubung dari Air Nipis dengan Kedurang di wilayah kerja Bengkulu Selatan, yang sudah selesai pengerjaannya oleh anggota TNI dan masyarakat. Pasalnya poros jalan ini merupakan poros jalan utama penghubung antara Kecamatan Air Nipis dengan Kecamatan Kedurang.

"Terima kasih kepada Dandim 0408/BS serta prajurit TNI dan masyarakat setempat yang ikut berperan dalam Karya Bhakti TNI ini," ucapnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penanda tanganan prasasti Karya Bhakti TNI Kegiatan Penguatan Gotong Royong Kemasyarakatan Kecamatan Air Nipis oleh Danrem 041/Gamas dan Gubernur Bengkulu yang menandakan berakhirnya pelaksanaan Karya Bakti TNI di wilayah tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi, Kepala Dinas PU Provinsi, Kepala Bapeda Provinsi, Dandim 0408/BS, Kapolres Bengkulu Selatan, Ketua DPRD Kabupaten Bengkulu Selatan, Kajari Bengkulu Selatan, Pasi Komsos Siterrem 041/Gamas, Camat Air Nipis, Kepala Desa Suka Rami dan Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya. (rls)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00