Hingga September, Bulog Bengkulu Salurkan 2.564.520 Kg Beras Bansos

KBRN, Bengkulu : Perum Bulog wilayah Bengkulu telah menyalurkan sebanyak 2.564.520 Kilogram (Kg) beras kepada 85.848 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dari program bantuan sosial beras untuk 2 bulan, tepatnya bulan Agustus dan September 2020.

Program bantuan sosial beras tersebut, merupakan penugasan dari Pemerintah melalui Kementrian Sosial (Kemensos) RI kepada Perum Bulog, untuk menyediakan beras medium yang berkualitas baik bagi KPM PKH, yang tujuannya untuk mengurangi beban pengeluaran melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras selama pandemi Covid 19.

“Untuk sasaran bansos beras secara nasional diberikan kepada 10 juta KPM PKH, dan di wilayah Bengkulu sendiri sejumlah 85.484 Kg, selama tiga bulan terhitung bulan Agustus, September dan Oktober, dengan alokasi 15 Kg per-KPM per-bulan. Alokasi bulan Agustus dan September, telah disalurkan pada September lalu dan di terima oleh penerima manfaat. Sedangkan alokasi Oktober, secara bertahap sudah mulai didistribusikan, karena ditargetkan sebelum akhir bulan ini, bisa selesai tersalurkan,” ungkap Kepala Kanwil Perum Bulog Bengkulu, Roy Rahmadi Prawira, dalam keterangan kepada rri.co.id.

Menurutnya, pelaksanaan program bansos beras untuk KPM PKH tingkat Provinsi Bengkulu ini dikoordinir oleh Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi bersama Dinsos Kabupaten serta Kota.

Sedangkan penyaluran kepada penerima manfaat, dilaksanakan oleh pelaksana distributor yang ditunjuk oleh Kemensos RI, yakni, PT DNR (Dos NI Roha). Mengingat pihak Bulog hanya bertanggung jawab menyediakan beras di depan pintu gudang, dan kemudian diserah-terimakan kepada pihak distributor, untuk didistribusikan kepada penerima manfaat di titik yang telah ditentukan.

“Jumlah volume beras yang kita sediakan alokasi perbulan adalah, 1.282.260 Kg, sehingga untuk kebutuhan 3 bulan sebanyak 3.846.780 Kg,” ujar Roy pada Jumat, (9/10/2020).

Lebih lanjut ditambahkan, untuk alokasi ke 3 bulan Oktober 2020 ini, pihaknya juga sudah menyiapkan stoknya, dan saat ini sudah dilakukan distribusi oleh transporter ke beberapa daerah.

Termasuk, penerima manfaat di wilayah Kabupaten Mukomuko dan di Enggano yang belum sama sekali mengambil, akan disalurkan untuk alokasi 3 bulan sekaligus.

“Dalam pendistribusian beras bansos ini, pihak distributor bekerjasama dengan pendamping PKH dan aparat setempat untuk memudahkan, serta memastikan bansos beras tersebut diterima oleh penerima manfaat di Provinsi Bengkulu,” tukas Roy.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00