Salurkan Beasiswa Hingga Bantuan Modal UMKM, Baznas Provinsi Bengkulu Diminta Terus Berinovasi

KBRN, Bengkulu : Dalam rangka menyemarakkan HUT ke 77 RI di tahun 2022, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama Badan Amil Zakat (Baznas) Bengkulu, Polda Bengkulu dan beberapa pihak perbankan, menyalurkan zakat, beasiswa dan bantuan modal untuk UMKM.

Kegiatan ini digelar di halaman Graha Baznas Bengkulu dan dimeriahkan dengan lomba yang melibatkan UMKM binaan Baznas, Senin (15/08).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, kegiatan ini sangat produktif dan harus dikembangkan dan dilanjutkan, agar keberadaan Baznas bisa dirasakan masyarakat kurang mampu melalui pengelolaan atau pun managerial yang baik.

“Ini kegiatan sangat produktif, bagaimana zakat ASN se Provinsi Bengkulu dan para dermawan yang dikumpulkan bisa disalurkan secara baik dan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan, baik dari kalangan masyarakat kurang mampu, pelajar dan mahasiswa maupun UMKM yang memerlukan pembinaan,” terang Gubernur Rohidin.

Dikatakan Ketua Baznas Bengkulu Fazrul Hamidy, selain mengumpulkan dan mendistribusikan zakat, pihaknya juga melakukan beberapa inovasi seperti pemberdayaan terhadap UMKM secara berkala dan berkelanjutan.

“Jadi Baznas Bengkulu menyiapkan bantuan berupa modal bagi para pemenang lomba UMKM binaan kita. Dan kita juga tidak akan merugikan bagi para peserta, yaitu modal yang mereka keluarkan kita ganti,” jelas Fazrul.

Ditambahkan Fazrul, hingga saat ini lebih dari 70 UMKM yang telah menjadi binaan Baznas Provinsi Bengkulu dan telah menerima bantuan modal mulai dari 3 hingga 5 juta rupiah per UMKM.

"Kami juga memberikan kesempatan bagi UMKM yang ingin mendapatkan bantuan permodalan dari Baznas, baik di wilayah Kota Bengkulu maupun di 9 kabupaten. Tentunya ada kriteria UMKM yang kita bantu setelah melalui survey oleh tim UMKM Baznas,” imbuhnya.

Diketahui pada kesempatan ini Baznas Bengkulu menyalurkan 150 paket beasiswa kepada siswa dan mahasiswa, 157 paket zakat sembako serta bantuan modal kepada 14 UMKM binaan Baznas Bengkulu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar