Akademisi Ajak Gelorakan Semangat Kemerdekaan, Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme

KBRN, Bengkulu : Akademisi Universitas Negeri Bengkulu (UNIB) Al-Ustadz Khairu Muslimin mengajak semua lapisan masyarakat Provinsi Bengkulu untuk semakin cinta dan bangga pada bangsa tanah air Indonesia.

Hal itu Ia sampaikan pada kajian kuliah subuh yang diselenggarakan di Masjid Raya Baitul Izzah (MRBI) Provinsi Bengkulu, Minggu (14/8/2022).

"Sebentar lagi semua kita anak bangsa akan memperingati hari yang sangat bersejarah dalam esensi kehidupan bangsa kita yakni Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun 2022 ini," kata Khairu.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat menjadikan ini momentum mengingat peristiwa bersejarah di mana perjuangan kemerdekaan tak lepas dari peran serta para pejuang pahlawan bangsa terdahulu.

"Baik dari kalangan tokoh agama, pemuda, angkatan bersenjata, dan semua komponen bangsa yang telah gigih berjuang hingga pertumpahan darah terjadi di mana-mana demi merebut kemerdekaan dari tangan penjajah dahulunya,"  papar Kahiru.

Sementara itu, salah satu aktivis mahasiswa dari UNIB, Yoga mengatakan, dirinya sangat setuju dan sepakat apa yang telah disampaikan dosennya yang juga Da'i di Provinsi Bengkulu ini.

Menurut Yoga, esensi mencintai dan memaknai pengorbanan jasa para pahlawan bangsa terdahulu bagi anak bangsa Indonesia wajib direalisasikan dengan cara bersyukur dan banyak terlibat aktif di kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara melalui kegiatan positif yang bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia itu sendiri.

"Dari kalangan aktivis mahasiswa, jiwa patriotisme dan nasionalisme mutlak ada dalam esensi diri masing-masing anak bangsa Indonesia terkhusus lagi kalangan terpelajar seperti kami Mahasiswa ini," katanya.

Untuk itu, Ia mengajak semua elemen komponen bangsa dari berbagai penjuru daerah, suku, agama, budaya yang berbeda ini untuk menyatu dan menyadari bahwa anak bangsa Indonesia menyemarakan kemerdekaan dan peduli akan perjuangan bangsa Indonesia.

"Tanpa terasa hari ini semua kita bangsa Indonesia telah memasuki usia kemerdekaan yang ke-77 tahun 2022 ini, Pancasila Jaya, NKRI harga mati, bhinneka tunggal ika akan selalu abadi sepanjang masa," ungkap Yoga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar