Muhammadiyah Bengkulu Gelar Shalat Idul Adha Sabtu, Pemotongan Hewan Kurban Minggu

Bendahara PWMU Bengkulu Yohalin

KBRN, Bengkulu : Pengurus wilayah Muhammadiyah (PWMU) Provinsi Bengkulu sepakat menggelar Shalat Idul Adha 1443 hijriah pada Sabtu (9/7/2022) sesuai ketentuan Pengurus Muhammadiyah Pusat, berbeda dengan keputusan pemerintah yang menetapkannya pada Minggu (10/7/2022).

Pengurus PWMU Bengkulu, Yohalin mengatakan hal ini terjadi bukan semata-mata karena perbedaan metode hisab dan rukyat, melainkan terkait kriteria tinggi hilal. 

"Pemerintah menetapkan ketinggian minimal hilal 3 derajat, sedangkan Muhammadiyah asal telah terjadi konjungsi dan konjungsinya sebelum matahari terbenam maka telah ditetapkan sebagai bulan baru," kata Yohalin, Selasa (5/7/2022).

Meski demikian, Yohalin menyebut sebagai bentuk toleransi sesama umat, maka pemotongan hewan kurban akan dilaksanakan pada hari Minggu agar umat islam di Bengkulu sama-sama menikmati daging kurban di hari yang sama.

"Jadi kami sepakati untuk Shalat Iduladha adalah hari Sabtu, sedangkan pemotongannya pada hari Ahad/Minggu," sampai Yohalin.

Yohalin melanjutkan dalam kurun 25 tahun ke depan, yakni dari tahun 1444 – 1468 H atau 2023 – 2046 M diprediksi akan terjadi perbedaan Idul Adha antara Muhammadiyah dan pemerintah sekitar 7 kali atau 7 tahun. 

"Artinya, 7 kali dari 25 tahun itu berarti 25% nya berbeda dengan pemerintah. Selain itu Idulfitri juga diprediksi akan berbeda 6 kali dan awal Ramadan 3 kali," kata dia.

Meski demikian, Yohalin menyebut bahwa perbedaan jatuhnya hari besar umat Islam seperti awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah merupakan suatu hal yang wajar. Perbedaan ini bukan semata-mata metode hisab dan rukyat, melainkan terkait kriteria tinggi hilal.

Sementara terkait pelaksanaan Shalat Iduladha di Kota Bengkulu akan digelar di beberapa titik masjid yakni masjid Raya Baitul Izzah, Masjid Ranting Muhammadiyah Malabero, Masjid Kampus 4 Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Masjid Kampus 1 UMB Kampung Bali, Masjid Pasar Bengkulu, di Lapangan Kelurahan Suprapto, Masjid Pekan Sabtu dan beberapa tempat lain.

"Induknya akan digelar di kampus 4 UMB," tukas Yohalin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar