Agroteknologi Unihaz Latih Warga Curup Selatan Tingkatkan Kualitas Pupuk Organik

Pelatihan dan penyuluhan pembuatan pupuk organik
Pelatihan dan penyuluhan pembuatan pupuk organik

KBRN, Rejang Lebong : Dosen dan mahasiswa Agroteknologi Universitas Hazairin (Unihaz) Bengkulu melakukan penyuluhan dan pelatihan pembuatan bokashi kepada warga Desa Watas Marga, Curup Selatan Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, Minggu (19/6/2022). 

Dosen Prodi Agroteknologi Unihaz, Ikhsan Hasibuan, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan warga desa dalam membuat pupuk bokashi yang berkualitas.

"Tidak hanya tentang bokashi, kami juga memberikan cara bagaimana membuat pupuk organik cair dengan kualitas yang baik” kata Ikhsan.

Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh puluhan anggota kelompok Tani Mekar Sari 2 dan warga Desa Watas Marga setelah puluhan mahasiswa Agroteknologi Unihaz.

Dengan adanya penyuluhan ini, Ikhsan berharap warga Desa Watas Marga, khususnya anggota kelompok Tani Mekar Sari 2 mampu meningkatkan kualitas bokashi yang mereka produksi. 

"Mudah-mudahan petani dapat memanfaatkan ilmu yang diberikan sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat," kata Ikhsan. 

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Mekar Sari, Jumadi mengutarakan adapun kendala yang dihadapi dalam memproduksi pupuk organik selama ini adalah waktu pembuatan yang lama dan kandungan hara yang masih rendah.

"Oleh karena itu kami meminta bantuan dari pihak Unihaz untuk meningkatkan kualitas pupuk kami” terangnya.

Jumadi mengatakan selama ini pihaknya memproduksi pupuk organik dengan menggunakan limbah berupa ampas kopi.

Dari pembuatan ini, Kelompok Tani Mekar Sari 2 setiap bulannya mampu menghasilkan 10-15 ton pupuk organik. 

“Kami berencana meningkatkan produksi kami sekaligus meningkatkan kualitasnya” tambah Jumadi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar